Kominfo Inhil gelar Literasi PPID dan Smart Informasi

Kamis, 07 Juli 2022

TEMBILAHAN – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) gelar Kegiatan Literasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dan Smart Informasi Inhil di Gedung Engku Kelana, Kamis (7/7).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bupati Inhil H M Wardan dan diikuti oleh seluruh Kepala Desa se-Kabupaten Inhil sebagai peserta.

Kadis Kominfo Inhil, Trio beni mengatakan PPID Kementerian Kominfo harus terus menatap masa depan serta mengantisipasi tantangan era digital yang memungkinkan seluruh layanan sudah menjadi secara online.

“PPID pada masa depan mungkin hanya menggunakan digital saja, tidak lagi ada desk. Orang yang meminta informasi juga mungkin berpikir buat apa datang, sudah ada media sosial juga yang sudah sangat terbuka,” ucap Trio Beni.

Lanjutnya, lembaga Pemerintahan saat ini pun sudah memiliki akun media sosial masing-masing yang memungkinkan mereka berdialog langsung dengan masyarakat secara online.

“Hal inilah yang dianggap bisa mengurangi esensi dari PPID dimana masyarakat bisa dengan mudahnya menanyakan langsung kepada pimpinan teratas seperti Presiden RI atau sekelas kepala Kementerian atau Lembaga untuk meminta data informasi publik,” ujarnya.

Ia juga mengungkapkan, penggunan media sosial yang begitu masif dalam era digital ini memang menjadi tantangan tersendiri untuk memenuhi standar pemenuhan informasi publik.

Menurutnya, setiap anggota PPID bisa berkoordinasi satu sama lain untuk memberikan kontribusi inovasi dalam pengembangannya terutama inovasi dalam bidang digital.

“Tantangan era digital yang begitu nyata membuat PPID harus segera bertransformasi lebih cepat lagi sesuai dengan kebutuhan masyarakat masa kini,” tandasnya.