Alhamdulillah 441 Jamaah Haji Asal Pekanbaru Pulang dengan Selamat

Rabu, 03 Agustus 2022

441 jemaah haji asal Kota Pekanbaru sudah tiba di Kota bertuah pada Rabu (3/8/2022) subuh dengan selamat (foto/dok)

PEKANBARU- 441 jemaah haji asal Kota Pekanbaru sudah tiba di Kota bertuah pada Rabu (3/8/2022) subuh dengan selamat. Tiba di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, jemaah haji langsung dibawa ke Embarkasi Haji Antara Riau.

Di Asrama Haji seluruh jamaah dilakukan pemeriksaan kesehatan sebelum diserahkan kepada pihak keluarga oleh pihak Kemenag Kota Pekanbaru. Hal itu disampaikan Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama Kota Pekanbaru, Haryati, Rabu (3/8/2022).

Haryati menyampaikan 441 jamaah haji asal Pekanbaru yang tiba di Pekanbaru dibawa dari asrama haji langsung ke kantor Kemenag Pekanbaru Jalan Arifin Ahmad. Di sana jamaah akan diserahkan kepada pihak keluarga.

"Alhamdulillah 441 jamaah haji Pekanbaru ditambah enam petugas sampai dengan selamat. Termasuk jamaah haji yang sebelumnya sempat sakit dan diizinkan ikut pulang pada kloter 6 ini. Namun ada satu jamaah haji yang meninggal dunia saat melaksanaakan ibadah haji. Alhamdulillah juga hari ini jamaah haji sudah diserahkan dan dijemput oleh pihak keluarga," ujar Haryati. 

Dari 441 jamaah haji yang pulang 5 diantaranya harus melanjalani pemeriksaan kesehatan lebih lanjut oleh tim medis yang betugas di Embarkasi Haji Natara Riau karena pada pemeriksaan awal lima jamaah dinyatakan reaktif covid-19.

"Secara aturan bagi jemaah yang reaktif atau positif akan mendapat pelayanan khusus dari petugas kesehatan di embarkasi haji antara dan tidak bisa dibawa pulang ke kemenag kota bersama rombongan, dan harus melakukan tes kesehatan lanjutan," pungkas Haryati