Bupati Inhil Hadiri Pelantikan PPS se-Kabupaten Inhil

Selasa, 24 Januari 2023

Pengambilan sumpah jabatan PPS. Sumber (suryadi)

INDOVIZKA.COM - Bupati Indragiri Hilir H. M. Wardan menghadiri pelantikan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se- Kabupaten Inhil pada Pemilu 2024 yang akan datang di salah satu Hotel Tembilahan, Selasa (24/01/23).

Pelantikan yang dilaksanakan secara langsung dan virtual ini diawali dengan pengambilan sumpah, pembacaan dan penandatanganan naskah pelantikan oleh Ketua KPU Kabupaten Inhil serta pembacaan dan penandatanganan fakta integritas oleh perwakilan PPS yang dilantik dengan disaksikan Forkopimda serta beberapa kepala OPD di lingkungan Pemkab. Inhil, camat dan kepala desa juga organisasi terkait lainnya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Inhil, H. Herdian Asmi. S.H.,M.H mengatakan bahwa KPU telah mengeluarkan peraturan nomor 3 tahun 2022 tentang tahapan dan jadwal penyelenggaraan pemilihan umum tahun 2024, yang hari ini merupakan jadwal pelantikan panitia pemungutan suara. Meskipun tidak semua anggota PPS dapat hadir di tempat ini, karena keterbatasan yang ada, maka pelantikan dilaksanakan secara luring untuk 4 Kecamatan dan secara daring untuk 16 Kecamatan.

"Saya mengucapkan selamat kepada anggota PPS yang telah dilantik, semoga dapat bekerja sama antar anggota PPS maupun dengan stokeholder lainnya, terutama dengan pemerintah kecamatan. Kemudian pelantikan ini tidak bisa dilajukan secara keslurah 20 kecamatan, bamun saya berharap ini tidak mengurangi kekhidmatan  acara pelantikan ini," ucapnya.

Kemudian, Ketua KPU Inhil Asmi menututurkan setelah pelantikan ini maka para anggota PPS susah dapat mulai bekerja berdasarkan tahapan yang telah ditetapkan KPU, disamping itu harus mulai belajar nemahami tugas pokok dan fungsi PPS.

"Oleh karena itu, saya berpesan kepada seluruh anggo PPS yang ada di seluruh kecamatan agar dapat terus berkoordinasi dan komunikasi kepada KPU Kabupaten Indragiri Hilir serta Pemerintah Kecamatan Jika nenghadapi kendala dalam pelaksanaan tugas di lapangan," pesanya. 

 

Sementara itu, Bupati Inhil menyampaikan ucapan selamat kepada anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang dilantik dengan harapan anggota PPS yang di lantik dapat bekerja sama antar anggota PPS maupun dengan stakeholder lainnya, terutama dengan pemerintah kecamatan di wilayahnya. 

 

Di kesempatan ini, bupati juga menginstruksikan kepada seluruh camat untuk dapat membantu memfasilitasi kegiatan panitia pemungutan suara, terutama tempat / sekretariat PPS sesuai peraturan dan kewenangan yang berlaku.

 

"Bekerjalah dengan aturan sesuai tupoksi yang telah ditetapkan dan transparan dalam penyelengaraan tahapan pemilihan umum serta menjaga netralitas, sehingga Pemilu dapat berjalan dengan baik, aman, lancar dan bekualitas", pesan bupati sebelum mengakhiri sambutannya.

 

Pelaksanaan ini juga tutut dihari Bupati Indragiri Hilir, Drs.H. M. Wardan, MP, Wakil Ketua I DPRD Kab.Inhil. Edy Gunawan, SE.,M.Si, Dandim 0314 Indragiri Hilir Letkol Arh. Nahruddin Roshid, SE.,M.Tr. (Han), Kapolres Indragiri Hilir AKBP Norhayat, S.I.K, Kepala Kejaksaan Negeri Tembilahan  di Wakili Jaksa, Reza  S.H., Ketua Pengadilan Negeri Tembilahan di Wakili Hakim Janer Sinaga,SH., Ketua Kementrian Agama Kab.Inhil di Wakili Kasubag TU Kemenag Kab. Inhil, H. Zainal Abidin. S.Ag., M.Pd., Kepala OPD Terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir, Ketua Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Kab. Inhil, H. Herdian Asmi. S.H.,M.H,  Anggota Bawaslu kabupaten Indragiri Hilir Sdr. H. Agus Malik. S.Hi, Para Camat Se- Kabupaten Indragiri Hilir yang Hadir Daring maupun Luring, Para Lurah maupun Kepala Desa yang hadir Luring maupun Daring Se-kabupaten Indragiri Hilir, Anggota PPS Se - Kabupaten Indragiri Hilir 708. Orang, Tamu Undangan lebih kurang 70 Orang.