Pasien Over Kapasitas, Puskesmas Kotabaru Layak Dijadikan RSUD

Sabtu, 18 Maret 2023

Pasien terpaksa harus dirawat dan tidur di lantai karena minimnya fasilitas tempat tidur yang dimiliki Puskesmas Kotabaru.

KERITANG, INDOVIZKA.COM- Sudah satu bulan ini pasien yang dirawat di Puskesmas Kotabaru Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) over kapasitas. Pasien terpaksa harus dirawat dan tidur di lantai karena minimnya fasilitas tempat tidur dan ruangan yang dimiliki Puskesmas.

Melihat kondisi ini, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Inhil Muammar AR angkat bicara. Menurut dia, Puskesmas Kotabaru sudah layak dijadikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tipe D. Kondisi ini menimbang tidak sesuai lagi dengan jumlah pasien yang dirawat dengan fasilitas dimiliki Puskesmas.

"Pemerintah harus serius dan mencari solusi terhadap kondisi Puskesmas Kotabaru yang selalu over kapasitas. Mengingat jumlah pasien yang datang selalu membeludak, sudah selayaknya Puskesmas Kotabaru ini dijadikan RSUD Tipe D," kata Muammar, politisi PKB Inhil ini kepada indovizka.com, Sabtu (18/3/2023) pagi.

Jika melihat perkembangannya, baik dari sisi SDM, luas wilayah dan jumlah penduduk , Muammar menilai Kotabaru Keritang sudah selayaknya dipertimbangkan menjadi Rumah Sakit agar pelayanan kesehatan warga bisa maksimal.

"Setiap hari pasien yang menginap melebihi tempat tidur yang disiapkan, bahkan di rawat di lantai. Pemerintah harus segera mencarikan solusi dengan kondisi seperti ini, " imbuhnya.

Kapan perlu, Muammar menyarankan RSUD yang sudah ada dikaji ulang kembali kelayakannya. jika memang RSUD yang sudah ada tidak berfungsi dan berkembang dipindahkan ke Kotabaru saja, " sarannya.

Sementara itu, Ardianto Kepala Puskesmas Kotabaru Keritang ketika dikonfirmasi awak media membenarkan kondisi Puskesmas Kotabaru yang selalu dipenuhi pasien yang dirawat.

"Iya benar, dalam bulan ini banyak pasien yang dirawat. Beberapa hari ini saja sampai ruangan dan bad kami tak cukup untuk ditempati pasien," kata Ardianto.

Berdasarkan data yang dihimpun, total bad yang dimiliki Puskesmas Kotabaru hanya 12 bad (tempat tidur) dengan rincian ruangan Sakura 2 bed, Mawar 2 bed, Melati 2 bed, Anggrek 4 bed dan di ruangan UGD 2 bed.