Catat, Ini Daftar Aplikasi yang Bikin Baterai HP Boros

Jumat, 13 Maret 2020

ilustrasi

INDOVIZKA.COM- Saat ini banyak pengguna yang menginstal berbagai aplikasi ke dalam smartphone mereka. Entah aplikasi itu sering dipakai atau hanya sebagai 'hiasan' saja, karena saking jarangnya dipakai.

Nah, ternyata ada beberapa aplikasi yang ternyata bisa membuat baterai smartphone cepat habis alias boros. Salah satu aplikasi itu adalah WhatsApp.

Aplikasi pesan WhatsApp menduduki posisi empat teratas dalam daftar aplikasi yang paling cepat menghabiskan daya baterai menurut riset Uswitch. Selain WhatsApp, aplikasi Facebook dan Google juga tergolong bikin boros baterai HP.

Riset yang dilakukan Uswitch diawali dengan mengkurasi 50 aplikasi yang paling banyak di-download, baik di Google Play Store, Apple App Store, maupun Windows. Selanjutnya, mereka menggunakan metode untuk melihat seberapa banyak izin akses aplikasi yang membebankan konsumsi baterai pada perangkat.

Ilustrasi WhatsApp Status. Foto: iGlobalWeb via Pixabay© Disediakan oleh Kumparan Ilustrasi WhatsApp Status. Foto: iGlobalWeb via Pixabay
"Tapi, yang benar-benar menguras baterai adalah aplikasi yang digunakan ponsel Anda. Dan, lebih khusus lagi, adalah izin yang diperlukan aplikasi ini untuk memberikan pengalaman terbaik. Ini bisa apa saja mulai dari mengakses kamera, kalender atau kontak Anda hingga menggunakan lokasi Anda atau Wi-Fi," tulis Uswitch, dalam risetnya.

Hasil riset Uswitch menempatkan aplikasi Google di peringkat satu yang paling membuat baterai boros, dengan 72 izin akses. Selain Google, selanjutnya di posisi dua ada Facebook (50 izin akses), ketiga Messenger (46 izin akses), keempat WhatsApp (41 izin akses), dan kelima ada Amazon Alexa (39 izin akses).

Menurut Uswitch, izin akses aplikasi memang tergolong wajar. Tidak ada yang aneh dengan izin yang sebanyak itu, apalagi untuk memaksimalkan kemampuan aplikasi.

"Dan meskipun ini terdengar menakutkan, sebagian besar aplikasi memerlukan izin agar dapat berfungsi dengan baik. Dan sebagian besar, sangat masuk akal. Instagram perlu mengakses kamera agar Anda dapat memposting foto. Dan pengemudi Uber Anda akan kesulitan menemukan Anda tanpa bisa mengakses lokasi Anda," terangnya.