433 Desa Belum Teraliri Listrik, Jokowi: Identifikasi!

Sabtu, 04 April 2020

Ilustrasi

JAKARTA - Pemerintah masih memiliki pekerjaan rumah untuk menyediakan akses listrik di seluruh Indonesia. Meskipun saat ini angka rasio elektrifikasi sudah menyentuh angka 99,48%.

Presiden Joko Widodo mengatakan, masih ada 433 desa yang belum teraliri oleh listrik. Menurutnya, angka tersebut harus segera diselesaikan meskipun secara rata-rata masih lebih rendah dibandingkan 5 tahun silam.

"Masih terdapat 433 desa yang belum berlistrik. Meskipun jumlah sedikit kalau dibandingkan dengan jumlah desa di seluruh Tanah Air 75.000. Tapi apapun ini harus kita selesaikan," kata Jokowi dalam telekonferensi, Jumat (3/4/2020).

Menurut Jokowi, dari 433 desa tersebut tersebar di empat provinsi. Keempat provinsi tersebut yakni Provinsi Papua, lalu Papua Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Maluku.

"433 desa yang belum berlistrik itu tersebar di 4 Provinsi, di Provinsi Papua 325 desa, Papua barat 102 desa, Provinsi NTT 5 desa dan Maluku 1 desa," ucapnya. Oleh karena itu, Mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta agar segera mengidentifikasi desa yang belum berlistrik ini, sehingga pemerintah bisa menentukan strategi dan pendekatan teknologi seperti apa yang bisa digunakan.

"Karena itu saya ingin menekankan beberapa hal yang pertama untuk 433 desa yang belum berlistrik saya minta diidentifikasi secara jelas desa mana yang berdekatan dengan desa yang tak berlistrik, desa mana yang jaraknya rumah penduduknya berjauhan dan mana yang berdekatan," jelasnya.**