Rohul Terbanyak Pendaftar Penerima Kartu Pra-Kerja se Riau

Rabu, 08 April 2020

Kadiskoptransnaker Rohul Zulhendri

PASIR PANGARAIAN - Hingga saat ini sudah 4.000 lebih masyarakat di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) yang sudah mendaftar sebagai penerima kartu Pra-Kerja yang dikeluarkan Presiden RI, Jokowi.

Itu diakui Kepala Dinas Koperasi, Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Kadiskoptransnaker) Rohul, Zulhendri.S.Sos.M.IP, Rabu (8/4/2020) ke wartawan.

”Saat ini, kabupaten Rohul memang terbanyak masyarakatnya yang mendaftar sebagai penerima kartu Pra-Kerja, dibandingkan dengan Kabupaten/ kota lain di Provinsi Riau saat ini,” kata Zulhendri.

Untuk di Provinsi Riau tambah Zulhendri, pemerintah pusat sudah memberikan kuota 92.893 orang sebagai penerima Kartu Pra-Kerja. Namun hingga tahap 1 usai, masyarakat Riau yang terdaftar hanya 25.796 orang, sehingga kekurangan kuota mencapai 67.097 orang. 

Hal itu membuat pihak Provinsi Riau kembali buka pendaftaran penerima Kartu pra-kerja tahap 2 yang dibuka sampai 10 April 2020 mendatang.

”Di tahap 1 lalu, masyarakat Rohul yang mendaftar 3.141 orang, dan di tahap 2, yang telah mendaftar sekitar 1.400 lebih. Sehingga total warga yang telah terdaftar mencapai 4.000 lebih. Jumlah warga yang mendaftar diperkirakan bisa terus bertambah,” terang Zulhendri.

Zulhendri mengatakan, pihaknya tidak bisa menentukan angka pastinya. Karena untuk data pendaftar online langsung diterima pihak Provinsi Riau.

Zulhendri berharap, agar masyarakat di Rohul tidak menyia-nyiakan kesempatan itu agar bisa dapatkan kartu pra-kerja yang dikeluarkan Presiden RI.

”Kami menghimbau ke seluruh masyarakat Rohul, untuk mendaftarkan diri sebagai penerima kartu pra-kerja. Namun tentunya dengan syarat dan kriteria yang sudah disampaikan. Untuk lulus atau tidaknya, kita serahkan ke pihak pusat,” imbaunya.

Untuk pendaftaran ucap Zulhendri, masyarakat dapat melakukannya dengan dua cara, yakni melalui Dinas Koperasi, Tenaga kerja dan Transmigrasi Kabupaten Rohul yang bekerjasama dengan seluruh kepala Desa atau melalui Online.

Sedangkan cara kedua, masyarakat bisa daftar melalui online dengan mengisi formulir di link https://forms.gle/Fv4ERwziD5ksHJu9A.