Dinilai Arogan, Kanit Reskrim Polsek Concong Didemo Warga

Rabu, 29 April 2020

Puluhan masyarakat melakukan aksi demonstrasi di Kediaman Lurah Concong Luar Kecamatan Concong Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil)

INDOVIZKA.COM- Puluhan masyarakat  melakukan aksi demonstrasi di Kediaman Lurah Concong Luar Kecamatan Concong Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) , Selasa, (28/4/2020) sekira pukul 15.30 Wib sore.

Kedatangan massa aksi menuntut agar Kanit Reskrim yang bertugas di Polsek Concong segera dipindahtugaskan karena dinilai arogan dan kerap bertindak semena-mena kepada masyarakat Concong Luar.

Aksi demo ini sempat terekam video dan bahkan diunggah di YouTube melalui akun AKT Gaming, meskipun pada akhirnya akun YouTube tiba-tiba terblokir dan video yang diunggah spontan tidak dapat ditonton lagi.

Video berdurasi 4 menit 54 detik dan baru di like 15 orang dan ditonton sebanyak 167 orang itu berjudul 'Apa Penyebab Warga DEMO dan Mengamuk!! (Concong Luar- Indragiri Hilir)'. 

"Pindahkan sekarang juga," teriak salah seorang warga yang diikuti serentak pengunjuk rasa lainnya.

Dalam rekaman video tersebut, Camat Concong Antoni terlihat sedang memberikan penjelasan dengan menggunakan megaphone kepada massa. Ia pun terlihat berusaha meredam emosi puluhan massa yang datang. 

"Kita semua sedang berpuasa, jadi tolong kendalikan emosi," kata Camat Antoni, dihadapan pengunjung rasa.

Menurut Antoni, apa yang menjadi tuntutan masyarakat agar Kanit Reskrim Polsek Concong segera dipindahkan dapat dimaklumi. Namun, untuk memindahtugaskan seorang pejabat, dikatakannya, harus melalui prosedur.

"Kami sudah berunding di dalam (rumah lurah, red), nanti saya bersama Kapolsek akan meneruskan (melaporkan) ini ke Kapolres Inhil. Nanti di Polres akan diputuskan bagaimana solusinya," ujar Camat Antoni, seraya menenangkan warga.

Selanjutnya, Antoni menuturkan, Kanit Reskrim Polsek Concong besok Rabu, (29/4/2020) pagi akan menghadap ke Kapolres Inhil. 

"Besok jam 8 pagi saya akan dampingi Kanit dan Kapolsek menghadap ke Polres. Sekarang silahkan masyarakat membubarkan diri dulu, dan mempercayakan kepada kami untuk mengurus persoalan ini. Mudah-mudahan saja bisa dipindahkan," harapnya.

Sementara itu, Kapolres Inhil AKBP Indra Duaman, menjelaskan duduk persoalan berdasarkan laporan yang diterima dari  anggotanya. Awalnya, kata Indra, anggota Polsek melakukan penindakan penertiban kepada sekelompok pemuda yang berkumpul sambil bermain domino, lalu salah satunya digiring ke Polsek untuk dimintai keterangan, sementara temannya yang lain sempat melarikan diri.

Saat menginterogasi warga, Kanit Reskrim dikabarkan memukul keras meja dengan botol Aqua. Diduga ini jadi pemicu, sehingga warga yang diintrogasi merasa tidak terima dan melaporkan hal tersebut kepada keluarganya.

"Saya juga bingung dari mana tindakan anggota saya dikatakan arogan. Laporan yang saya terima hanya memukul meja dengan botol Aqua, tapi kok jadi dibesar-besarkan begini, " kata Kapolres Inhil AKBP Indra Duaman. kepada indovizka.com melalui telepon selulernya, Rabu (29/4/2020) dini hari.

Meski pun demikian, ia berjanji akan menyelidiki lebih dalam duduk persoalan yang sebenarnya. Jika memang dibelakangan, beber Indra, anggotanya diketahui melakukan kesalahan maka ia tidak segan memberikan sanksi dan  tindakan tegas sesuai peraturan yang berlaku.

"Kalau memang salah akan kita tindak tegas sesuai peraturan yang berlaku," tutup Kapolres Indra.

Sementara itu, Lurah Concong Luar Ahmad Bahrin, saat dimintai keterangan enggan berkomentar banyak. Ia hanya menyebutkan kejadian itu hanya kesalahan komunikasi saja  dan sedang dilakukan upayakan mediasi antara kedua belah pihak.

"Hanya ada kesalahan komunikasi saja dan kita upayakan mediasi," katanya singkat.(san)