Kawanan Gajah Liar Rusak Puluhan Hektare Kebun Sawit Warga Pelalawan

Jumat, 07 Agustus 2020

Kebun warga Gondai dirusak gajah liar.

PELALAWAN - Sekitar 30 ekor kawanan gajah liar merusak puluhan hektar kebun kelapa sawit milik masyarakat di desa Pangkalan Gondai, Kecamatan Langgam, kabupaten Pelalawan, Riau. Hewan bertubuh besar ini diketahui masuk perkebunan warga sejak Kamis (6/8/2020).

Camat Langgam Sugeng Hariadi membenarkan kawanan gajah ini masuk ke desa Pangkalan Gondai dan merusak puluhan hektare perkebunan kelapa sawit masyarakat.

"Informasinya, sejak kemarin kawanan gajah ini masuk ke perkebunan kelapa sawit milik masyarakat desa Pangkalan Gondai," terang Camat Langgam Sugeng.

Akibatnya, cakap Sugeng, puluhan hektare pohon kepala sawit rusak. Namun petugas dari BKSDA sudah berada di lokasi untuk menghalau kawanan gajah agar menjauh dari perkebunan masyarakat.

"Kita belum mendapatkan informasi entah dari mana kawanan gajah ini, bisa saja dari Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN). Habitat mereka kan disana satu hamparan dengan Langgam," paparnya.

Sementara Sekdes Pangakalan Gondai, Zuriayatno, meminta kepada pihak BKSDA untuk menghalau kawanan gajah ini dari perkebunan masyarakat.

"Kita minta kepada pihak BKSDA bertahan dilokasi memastikan kawanan gajah keluar dari desa Gondai. Jangan sampai pula masyakarat menghalaunya dengan cara sendiri," pintanya.