Stok Obat Milik Diskes Inhu Riau Hangus Terbakar Api

Jumat, 21 Agustus 2020

INDOVIZKA.COM - Kebakaran gudang atau instalasi farmasi yang merupakan tempat penyimpanan obat-obatan milik Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, ludes dilalap api.

Seluruh sisi gudang yang berada di Jalan Raya Pematang Reba - Pekan Heran itu hangus beserta isinya, yakni obat-obatan, alat kesehatan, dan barang habis pakai yang nantinya akan digunakan untuk pelayanan masyarakat.

"Tidak satu pun yang bisa diselamatkan. Semuanya hangus terbakar, termasuk obat atau barang habis pakai untuk pelayanan kesehatan," ujar Kepala Dinas Kesehatan Inhu, Elis Julinarti, di lokasi kejadian.

Akibat insiden kebakaran itu, Elis mengaku bahwa untuk beberapa bulan kedepan akan terjadi kekurangan obat, namun pihaknya akan segera mencarikan solusi guna mengatasi hal tersebut. 

"Kemungkinan kedepan bakal terjadi kekurangan obat, dan kita akan secepatnya mencarikan solusi. Sehingga tidak berdampak pada pelayanan kesehatan di setiap Puskesmas yang ada di Inhu," tutur nya.

Saat ditanya terkait kerugian materil yang dialami Pemkab Inhu, dalam hal ini Dinas Kesehatan, Elis juga mengaku belum bisa memperkirakan.

"Kerugian belum bisa kita perkirakan, dan pastinya cukup besar," singkat Elis menuturkan. (Jefri)