Bahas Soal HKBP, Bupati Inhil Gelar Pertemuan dengan Tokoh Agama dan Masyarakat

Rabu, 30 September 2020

INDOVIZKA.COM Bupati Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan melakukan pertemuan dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat. Selain itu, pertemuan ini juga dihadiri Unsur Forkopimda, Pimpinan OPD terkait, Ormas, Ketua RT/ RW di Aula Kantor Bappeda Inhil, Rabu (30/9/2020).

Selain bersilaturahmi, pertemuan ini bertujuan untuk berdiskusi sekaligus mengantisipasi perkembangan isu-isu aktual yang terjadi di Kabupaten Inhil terutama Kota Tembilahan, khususnya permasalahan kegiatan ibadah Jemaat HKBP yang ada di Tembilahan.

Berawal dari surat yang disampaikan oleh pengurus HKBP Tembilahan tanggal 22 Juni 2020 yang berisi pemanfaatan gedung baru , karena gedung di Jalan Gajah Mada tidak layak lagi, dan untuk menerapkan protokol kesehatan.

Melalui surat tertanggal 25 Juni 2020, Pemerintah Kabupaten Inhil menjawab agar pihak HKBP tetap mengoptimalkan tempat yang ada di Jalan Gajah Mada dengan membuat pengaturan jadwal waktu ibadah sehingga dapat mengakomodir jemaat dan tetap menerapkan protokol kesehatan sambil menunggu proses perizinan.

"Selain itu melalui Kesbangpol juga pemerintah melakukan pendekatan melaksanakan pertemuan dengan pihak HKBP Tembilahan," ujar Bupati.

Melihat kondisi di lapangan, Bupati bersama Unsur Forkopimda dan MUI serta OPD terkait melaksanakan pertemuan lagi dengan pihak HKBP dan melakukan peninjauan langsung rumah ibadah di Jalan Gajah Mada. 

Segenap Unsur Forkopimda juga mengajak agar masyarakat tetap bersikap tenang dan menjaga suasana kondusif, serta berharap agar masyarakat memberi kesempatan kepada Pemerintah untuk menangani masalah ini.