Pengurusan Dokumen Kependudukan di Inhil Dipermudah

Selasa, 17 November 2020

Sekretaris Disdukpencapil Inhil, Nursal Sulaiman

INDOVIZKA.COM- Dinas Kependudukan dan catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) harus bersiap diri untuk merasa kesepian.

Menanggapi hal itu Kadis Disdukpencapil Inhil Mizwar Efendi melalui Sekretaris Nursal Sulaiman saat dikonfirmasi mengatakan, ucapan itu di sampaikan Direktorat Jenderal Prof. Zudan Arif Fakrulloh pada hari Jum'at (13/11/20) yang lalu, saat melakukan Zoom meeting membahas Dukcapil go digital.

Mantan Camat Mandah itu menjelaskan, sebelum Era digital seperti sekarang ini, Kantor Dukcapil selalu ramai dikunjungi masyarakat bisa sampai 400-700 orang perharinya, dengan berubahnya pola manual ke Era digital ini akan membuat masyarakat mengurus dokumen dari rumah ataupun dari kantor Desa.

"Dengan berubahnya manual ke Era digital membuat kepengurusan lebih gampang, bisa dari rumah atau ke kantor Desa. Dengan begitu suatu saat nanti kata pak Dirjen kita ini siap-siap untuk kesepian, itulah perubahan-perubahan besar yang akan terjadi di era digital ini," ucap Sekretariat Capil itu.

Lebih lanjut Sekretaris Nursal menuturkan, dengan sistem seperti ini masyarakat lebih dimudahkan, dan ia berharap agar kedepannya akan terus meningkatkan agar bisa terealisasi dengan baik.

"Artinya masyarakat semakin dipermudah, yang biasanya harus ke Tembilahan hari ini cukup di Desa. Kita terus meningkatkan kemudahan pelayanan agar yang kita harapkan ini bisa terealisasi dengan baik," imbuhnya.