Akibat Hujan Deras, Ribuan Warga Dumai Terdampak Banjir

Senin, 17 Mei 2021

Walikota Dumai, Paisal dan rombongan OPD turun ke lokasi banjir untuk melakukan upaya penanggulangan dengan menurunkan alat berat milik Dinas PUPR Kota Dumai.

DUMAI (INDOVIZKA) - Curah hujan yang tinggi hingga meluapnya Sungai Dumai akibat air pasang mengakibatkan ribuan masyarakat yang tinggal di Kelurahan Bumi Ayu dan Bukit Datuk Kecamatan Dumai Selatan terdampak banjir.

Selain di dua kelurahan tersebut, warga Kelurahan Sukajadi Kecamatan Dumai Kota juga terkena banjir akibat curah hujan yang cukup tinggi.

Kelurahan Bumi Ayu Kecamatan Dumai Selatan adalah salah satu daerah yang sangat terdampak akibat banjir, genangan air mencapai betis orang dewasa.

Selain merendam jalan, banjir juga menggenangi rumah warga di Kelurahan Bumi Ayu. Banyak warga yang harus mengungsi ke posko pengungsian yang didirikan oleh BPBD Kota Dumai di TPA Masjid Al Hikmah Bumi Ayu.

Data yang berhasil dihimpun dari BPBD Dumai, sebanyak 1.282 warga di Kelurahan Bumi Ayu dan Kelurahan Bukit Datuk terdampak banjir, sementara warga yang mengungsi ditenda pengungsian sebanyak 25 jiwa.

Di Kelurahan Sukajadi, jumlah masyarakat terdampak sebanyak 717 jiwa. Sedangkan warga yang mengungsi sebanyak 125 jiwa ditempat pengungsian di kantor lurah/belakang Ramayana, tenda BPBD dan di Musala As Shifa Sukajadi.

Minggu malam (16/5/2021) Walikota Dumai, Paisal didampingi Kepala BPBD Dumai Afrilagan dan kepala OPD terkait turun ke lokasi banjir untuk melakukan upaya penanggulangan dengan menurunkan alat berat milik Dinas PUPR Kota Dumai.

Satu unit ekskapator diturunkan ke Sungai Dumai Kelurahan Bumi Ayu untuk melakukan normalisasi sungai serta mengeruk daerah aliran air yang tersumbat oleh sampah. Tujuannya agar air yang merendam rumah-rumah warga segera surut.

"Setelah sungai Dumai dibersihkan semoga air yang menggenangi rumah warga segera surut dan warga yang mengungsi bisa segera kembali kerumahnya masing-masing," harap Walikota.

Pada kesempatan itu, Walikota memantau langsung pengerukan Sungai Dumai dan pembersihan aliran air hingga dini hari.

"Masyarakat terdampak banjir agar bersabar, Pemerintah saat ini tengah berupaya sekuat tenaga agar banjir segera surut," kata Wako

Ke depan, lanjutnya, Pemko Dumai akan melakukan upaya pencegahan banjir dengan melakukan normalisasi drainase dan Sungai Dumai.

Menurut Paisal, penanganan banjir masuk program kerja 100 hari pertama. Pemko Dumai akan membentuk tim percepatan pembangunan agar program tersebut tercapai.

"Dan belum lama ini, kita sudah menemui Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) di Jakarta. Pertemuan membahas upaya penanganan banjir di Dumai dan dukungan Bappenas terhadap pembangunan di Dumai," ungkapnya.

Kepala BPBD Dumai Afrilagan mengatakan, bagi warga Bumi Ayu dan Bukit Datuk terdampak banjir, BPBD Dumai telah mendirikan tenda pengungsian di TPA Masjid Al Hikmah Bumi Ayu.

Sedangkan bagi warga Sukajadi terdampak banjir, BPBD Dumai juga mendirikan tenda darurat. Selain itu tempat pengungsian disediakan di kantor lurah Sukajadi dan di Musala As Shifa.