Waspada ! Segera Hapus Informasi ini Dari Facebook Anda

Ahad, 25 Juli 2021

JAKARTA, (INDOVIZKA) - Hampir semua orang mulai kini pemiliki akun facebook. Dari anak-anak hingga orang sudah berumur.
 
Bahkan kini facebookmemiliki lebih dari 1,49 miliar pengguna di seluruh dunia. Meski menggembirakan, hal ini patut membuat kita waspada terhadap keamanan sebagai pengguna Facebook.
 
Sebab, sadar atau tidak, segala aktivitas dan informasi pribadi yang kita tampilkan pada laman jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg itu bisa memberikan risiko bagi kita.
 
Untuk itu anda disarankan segera menghapus informasi ini dari akun Facebook. Apa saja? Berikut ulasannya.
 
1. Nomor Telepon
 
Jangan pernah menaruh informasi nomor telepon pada laman Facebook Anda. Sebab, jika Anda menampilkannya, Anda bisa jadi sasaran para penguntit.
 
2. Tanggal Lahir
 
Tanggal lahir bisa menjadi gerbang pembuka bagi penjahat siber yang ingin mengetahui informasi finansial, seperti rekening Anda di bank. Karena itu, jangan sekalipun memajang informasi tanggal lahir Anda di Facebook jika tak ingin uang Anda melayang.
 
3. Berteman dengan Orang-orang Terdekat
 
Seorang profesor psikologi dari Oxford Robin Dunbar mengemukakan, seseorang hanya bisa berinteraksi secara aktif dengan 150 orang saja. Merujuk pada 3.375 pengguna Facebook, ia menemukan bahwa sebagian besar teman di Facebook bukanlah teman dekat.
 
Bahkan, hanya 4,1 persen yang memiliki hubungan saling membutuhkan. Sementara 13,6 persen teman yang ada di Facebook menunjukkan simpati saat pengguna dirundung masalah. Karena itu, pastikan Anda hanya berteman di Facebook dengan teman-teman yang Anda kenal baik sekaligus Anda percayai.
 
4. Status Hubungan
 
Status hubungan merupakan salah satu hal yang tak perlu diumbar di Facebook. Sebab, rupanya hal tersebut bisa mengganggu Anda, terutama jika ada orang yang tiba-tiba mengiklankan gaun pengantin atau gedung pernikahan melalui Facebook. Tentu sangat mengganggu bukan?
 
5. Infomasi Kartu Kredit
 
Jangan pernah Anda tampilkan informasi mengenai kartu kredit Anda di Facebook apa pun alasannya.
 
6. Pekerjaan dan Atasan Anda
 
Berteman dengan atasan atau manajer Anda di Facebook rupanya bukan hal yang terlalu baik. Mirror mengungkap, jika mereka melihat aktivitas Anda seperti hangout malam atau status konyol yang Anda unggah, pasti bakal sangat memalukan.
 
Karenanya, disarankan untuk menggunakan Facebook secara santai dan menenangkan serta bebas dari pekerjaan.
 
7. Berhenti Unggah Lokasi Anda
 
Kapan pun dan di mana pun Anda berada, jangan pernah mengunggah lokasi Anda di Facebook. Kenapa? Orang asing yang memiliki niat buruk bisa saja berbuat jahat kepada Anda. Hanya dengan melihat ke Facebook, mereka bisa menemukan Anda. Berbahaya bukan?
 
8. Jangan Unggah Tempat dan Waktu Liburan Anda
 
Mirror menyarankan Anda tak perlu mengunggah lokasi saat Anda sedang berlibur. Lebih baik jika Anda mengunggah foto-foto liburan setelah Anda sampai di rumah.
 
Konten yang dimuat di media sosial rupanya menjadi pemicu emosi pengguna. Bagaimana hal ini bisa terjadi?
 
Sebab, jika Anda melakukannya kemungkinan orang asing mengetahui bahwa Anda sedang tak berada di rumah. Bisa jadi, rumah Anda akan menjadi sasaran kejahatan.
 
9. Jangan Unggah Foto Anda atau Anggota Keluarga
 
Tak sedikit orang yang gemar mengunggah foto anak-anaknya di Facebook. Padahal, jika Anda berteman dengan banyak orang yang tak begitu Anda kenal, mengunggah foto sang anak bisa sangat membahayakan keselamatan mereka.
 
10. Jangan Unggah Alamat Sekolah Anak
 
Serupa dengan informasi di atas, jangan pernah unggah informasi kegiatan yang sedang dilakukan anak-anak Anda di Facebook. Hal ini juga bisa membahayakan mereka, sebab bisa saja ada orang yang hendak berbuat jahat memanfaatkan lokasi anak Anda.**
 
Sumber : Liputan6