Yulisman Minta Kepolisian Tindak Tegas Oknum Penyelewenangan Solar di Riau

Selasa, 19 Oktober 2021

Ketua DPRD Riau Yulisman

PEKANBARU (INDOVIZKA) - Ketua DPRD Riau Yulisman sangat menyayangkan adanya oknum yang bermain di tengah kondisi masyarakat sulit mendapatkan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Solar.

Sebelumnya, Tim Unit 4 Subdit IV Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Riau menangkap satu unit truk derek dengan tangki berisi 450 liter Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis bio solar bersubsidi. Truk itu membawa BBM ke pelaku industri.

Truk diamankan di SPBU bernomor 14.287.6110 di Jalan Lintas Duri-Dumai Km 11 Kelurahan Balai Makam Bathin Solapan, Bengkalis Riau, Sabtu (16/10/2021) siang. Ketika itu truk merk Mitsubishi BK 9325 CM itu melakukan pengisian di SPBU secara berulang ulang untuk melangsir.

"Kita sangat menyayangkan sekali ada penyelewengan minyak solar ini, karena masyarakat yang atau pengguna yang lain menjadi kesulitan," tegas Yulisman.

Menurut politisi Golkar ini, pihak penegak hukum harus memberikan ketegasan terhadap pelaku yang melakukan kejahatan tersebut, karena ini sudah merugikan banyak pihak.

"Kita minta tindak tegas saja yang melanggar aturan. Saya rasa harus diawasi juga jangan sampai ini terulang lagi," tukasnya.

Lebih jauh, ia berharap kedepannya tidak terjadi lagi penyelewengan dan kejahatan lain seperti ini, karena banyak pihak yang dirugikan, terutama masyarakat kecil yang sangat membutuhkan untuk kepentingan mencari nafkahnya.

Sebelumnya, Pengungkapan bermula ketika tim yang dipimpin Ipda Eko Sutamto SH dengan 4 personelnya mencurigai sebuah mobil derek roda 10 yang melakukan pengisian cukup lama. Hal itu menyebabkan antrean yang panjang sehingga meresahkan masyarakat.

Tim kemudian mengikuti perjalanan mobil derek tersebut usai mengisi BBM dari SPBU hingga diketahui tujuannya adalah ke poll/workshop transportir mobil tangki CPO yang di duga milik PT IP. Tak lama kemudian truk tersebut keluar dan kembali menuju SPBU yang sama untuk melakukan pengisian BBM jenis bio solar.

Ketika itu, tim langsung melakukan penyergapan. Kemudian dilakukan mengembangkan ke tempat poll/workshop transportir mobil tangki CPO yang diduga tempat penimbunan BBM hasil kegiatan langsir tersebut.

“Ternyata benar. Di sana ditemukan jerigen-jerigen yang sudah dalam keadaan kosong. Diduga telah disalin ke tangki BBM mobil tangki CPO yang ada di tempat tersebut,” ujar Direktur Reskrimsus Polda Riau, Kombes Ferry Irawan, Ahad (17/10/2021).

Tiga orang pelaku diamankan yakni JN (52) sopir yang melansir BBM dari SPBU, KS (26) petugas SPBU dan AFJ (22). Ketiga pelaku diamankan di Rutan Polda Riau untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

"Tindakan pelaku telah merugikan masyarakat luas dan akan kami proses hukum,” tegas Ferry.