Fitur Keamanan Baru WhatsApp: Panggilan Kilat dan Pelaporan Level Pesan

Selasa, 23 November 2021

JAKARTA (INDOVIZKA) - WhatsApp telah memperkenalkan dua fitur keamanan baru, yaitu panggilan kilat dan pelaporan level pesan. Panggilan kilat merupakan tambahan dari opsi verifikasi SMS dalam proses registrasi di aplikasi, sedangkan pelaporan level pesan memungkinkan pengguna untuk melaporkan akun dengan menandai pesan tertentu.

“Kedua fitur ini diperkenalkan untuk memastikan bahwa pengalaman pengguna tetap aman,” ujar WhatsApp dalam situs resminya, Senin, 22 November 2021.

Fitur panggilan kilat bisa digunakan sebagai satu opsi untuk memverifikasi nomor telepon melalui panggilan otomatis, saat mengatur WhatsApp di ponsel baru atau menginstal ulang. Saat ini, fitur hanya tersedia untuk pengguna Android.

Jalur ini memungkinkan WhatsApp untuk memanggil telepon dan memverifikasi secara otomatis, menghilangkan kebutuhan untuk tindakan verifikasi SMS lainnya. Aplikasi pesan berlogo gagang telepon itu mengklaim bahwa ini adalah opsi yang jauh lebih aman mengingat semuanya dilakukan dari dalam aplikasi. 

Adapun dengan pelaporan level pesan, pengguna WhatsApp sekarang dapat melaporkan akun ke WhatsApp dengan menandai pesan tertentu. Ini dapat dilakukan hanya dengan menekan lama pesan tertentu untuk melaporkan atau memblokir pengguna.

Namun, dua fitur baru itu untuk sementara hanya hadir untuk pengguna di India. Kehadiran secara global masih belum diketahui, tapi biasanya beberapa minggu setelahnya akan dirilis lebih luas lagi.

Selain dua fitur baru itu dan sistem enkripsi end-to-end, aplikasi besutan Meta—sebelumnya Facebook—juga menawarkan banyak fitur keamanan lainnya, seperti memblokir kontak, mengontrol apa yang harus dibagikan dengan siapa, menghilangkan pesan, dan mengunci aplikasi dengan Touch ID atau pun Face ID.

Fitur keamanan lain yang diperkenalkan WhatsApp termasuk kemampuan untuk mengontrol siapa yang melihat foto profil pengguna, terakhir terlihat (last seen), tentang, dan status. Ini juga memungkinkan pengguna untuk memblokir akun jika diperlukan. WhatsApp juga menawarkan verifikasi dua langkah kepada pengguna untuk menambahkan lapisan keamanan ekstra.

Untuk obrolan grup, aplikasi itu memiliki pengaturan privasi grup yang memungkinkan pengguna mengontrol siapa yang bisa menambahkannya. Perusahaan baru-baru ini memperkenalkan pesan yang menghilang dan Lihat Sekali, yang memungkinkan pengguna untuk mengirim foto atau video yang akan hilang di WhatsApp setelah penerima membukanya sekali.