Bintang Timnas Indonesia Pratama Arhan: Saya Siap Main di Luar

Selasa, 11 Januari 2022

JAKARTA (INDOVIZKA) - Kesibukan membela klub maupun tim nasional sepak bola Indonesia sempat membuat Pratama Arhan lupa dengan kuliahnya di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang. 

"Kurang tahu semester berapa," kata Arhan di sela rangkaian kegiatan "Sinergi Untuk Prestasi" yang digelar Udinus Semarang, Selasa.

Bek kiri timnas Indonesia itu, yang terpilih sebagai pemain muda terbaik turnamen AFF 2020,  masih tercatat sebagai mahasiswa semester tiga di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Udinus Semarang.

Kesibukannya di dunia sepak bola ternyata membuat pria kelahiran Blora, 21 Desember 2001 terpaksa menjalankan perkuliahan dari jarak jauh. 

Arhan memperoleh beasiswa dari Udinus Semarang untuk menyelesaikan pendidikan S1. Bahkan jika berminat, ia dapat melanjutkan kuliahnya hingga jenjang S2. 

Rektor Udinus Semarang Edi Noersasongko pun berharap agar Arhan tidak hanya sukses di karier sepak bolanya, tetapi juga pendidikannya. 

Dalam acara tersebut, Edi memberikan sebuah komputer jinjing kepada Arhan, yang diharapkan dapat dimanfaatkan untuk selalu mengikuti perkuliahan dari jauh. 

"Jangan lupa belajar. Tetap ikuti kuliah di mana pun berada," pesan Edi. 

Usai gelaran Piala AFF 2020, berbagai kesibukan di dunia sepak bola telah menanti Arhan pada 2022. 

Selain harus segera kembali bergabung dengan PSIS untuk berlaga di Liga 1 Indonesia, ia juga harus menyiapkan diri untuk memperkuat timnas yang akan berlaga di Piala AFF U-23.

Terkait karier sepak bolanya ke depan, anak pasangan Sutrisno dan Surati itu mengungkapkan keinginannya untuk bermain di luar negeri. 

"Saya siap main di luar," kata pesepakbola yang mengaku memiliki keinginan bermain di klub impiannya Manchester City itu. 

Di tengah kesibukannya, Pratama Arhan juga selalu ingat untuk selalu berdoa sekaligus meminta doa dari kedua orang tuanya agar segalanya berjalan lancar.