Deteksi Dini Gejala Awal Gagal Ginjal

Selasa, 11 Januari 2022

JAKARTA (INDOVIZKA) - Ginjal memiliki fungsi untuk membuat tubuh tetap sehat dengan cara membersihkan darah dari racun dan menjaga cairan yang ada pada dalam tubuh, bagaimana bila gagal ginjal?

Saat terjadi kerusakan fungsi ginjal, salah satunya adalah gagal ginjal akan berujung pada masalah kesehatan dan bisa berakibat pada komplikasi.

Walaupun begitu, sejatinya gagal ginjal bisa diketahui sejak dini. Hal ini bertujuan untuk mencegah penyakit menjadi makin parah.

Penyakit gagal ginjal dibagi menjadi dua tipe utama, yaitu akut dan kronis. Gagal ginjal akut terjadi saat ginjal tak bisa berfungsi secra atiba-tiba dalam rentang waktu dua hari.

Sedangkan, gagal ginjal kronis ditandai dengan adanya kerusakan yang terjadi secara kontinu dan berujung pada matinya fungsi ginjal.

Lalu, bagaimana untuk mengetahu gejala awal gagal ginjal?

Dikutip dari primayahospital.com, Senin, 3 Januari 2022. Gejala awal gagal ginjal bisa jadi tidak bisa diketahui secara pasti.

Hal ini terjadi karena gejala tersebut seringkali tak begitu terasa dan sulit diidentifikasi. Namun, ada sejumlah tanda yang bisa menjadi indikasi awal dari gagal ginjal, antara lain:

  • Berkurangnya urine yang keluar

  • Bengkak pada lengan dan kaku karena adanya kelebihan cairan dalam tubuh

  • Napas menjadi pendek