Kodim 0314/lnhil Gelar Penyuluhan Hukum

Jumat, 28 Januari 2022

TEMBILAHAN, (INDOVIZKA)- Tim penyuluhan hukum dari Kumdam I/BB memberikan penyuluhan hukum kepada Prajurit dan PNS TNI jajaran Kodim 0314/Inhil ,bertempat di Aula Makodim Graha bhakti, Jumat (28/01/22). 

Dipimpin Mayor Chk Jalil Sembiring, penyuluhan ini mengusung tema "Melalaui Penyuluhan Hukum Kita Tingkatkan Kesadaran Hukum Prajurit Guna Meminimalisir Tingkat Pelanggaran di Satuan TNI AD." 

Dandim 0314/Inhil Letkol Arh M.Nahruddin  Roshid yang diwakili Danramil 01 Tembilahan Kapten Arh Zaenuri menyampaikan selamat datang kepada Tim Penyuluh hukum Mayor Chk Nono supratykno S.H Kalakdukbankum Kumdam I/BB, Mayor Chk M.Jalil Sembiring S.H
Anglakdukkum Kumdam I/BB dan anggota. 

Turut hadir Seluruh Perwira Staf Kodim,Danramil ,Subdenpom 1/3-2 Tembilahan, Personil Kodim O314/Inhil dan Ibu ibu Persit Cab.LIV Dim 0314/Inhil 

Danramil 01/Tembilahan juga menyampaikan permohonan maaf kepada tim dikarenakan Dandim 0314/Inhil tidak dapat hadir dalam kegiatan penyuluhan hukum ini. 

"Bagi seluruh prajurit baik bapak-bapak dan ibu-ibu Persit dalam penyuluhan hukum ini agar didengarkan dan dilaksanakan serta dipahami, agar supaya tidak terjadi kepada kita begitu juga keluarga kita dan yang kurang jelas ditanyakan kepada pemberi materi, untuk itu diharapkan kita semua bisa memperbaiki kualitas hidup secara pribadi dan bertindak bijak " ucapnya. 

Beliau juga berharap dengan adanya kegiatan penyuluhan hukum ini anggota dapat lebih mengerti lagi aturan dan rambu-rambu dalam kehidupan sehari-hari sebagai seorang Prajurit.

"Tanggung jawab didalam posisi masing- masing sehingga dapat melaksanakan tugas dengan baik sebagai mana mestinya dan tidak melakukan tindakan diluar kepatutan, " harapnya. 

Adapun materi penyuluhan hari ini tentang informasi transaksi elektronik, tindak pidana asusila, tindak pidana penganiayaan, kekerasan dalam rumah tangga, lalu lintas dan angkutan darat.

Sementara itu, tim penyuluh Mayor Chk Jalil Sembiring, menjelaskan penyuluhan ini dilakukan guna memberikan pemahaman hukum bagi prajurit. Walau menjadi aparat, seorang anggota TNI tetap harus taat hukum sesuai peraturan yang berlaku.

"Kita senantiasa selalu bersyukur dengan kita banyak bersyukur pelanggaran akan berkurang dan menjauhkan kita dari niat untuk melanggar," jelasnya.

Terakhir ia mengatakan banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang terjerumus dalam pelanggaran hukum.

"Setiap personel diharapkan selalu mawas diri agar terhindar dari pelanggaran yang dapat menjatuhkan nama baik diri sendiri, keluarga, maupun satuan. Sayangilah keluarga dan hindari perbuatan yang melanggar hukum," tegasnya.