Dinsos Riau Pastikan 253.000 KK Sudah Terima Bansos Pusat 

Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau, Darius Husin

PEKANBARU- Kepala Dinas Sosial provinsi Riau, Darius Husin memastikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Pemerintah Pusat sudah tersalurkan kepada masyarakat Riau terdampak covid-19.

Menurutnya, bantuan sosial diluar Program Keluarga Harapan (PKH), dan penerima sembako, atau non PKH dan sembako disalurkan ke rekening masing-masing masyarakat sesuai data.

Provinsi Riau katanya, mendapat kuota sebanyak 253.000 Kepala Keluarga (KK). Dimana setiap KK mendapat kucuran dana sebesar Rp600 ribu selama tiga bulan berturut-turut yang dimulai sejak April kemarin.

“Bantuan dari Kemensos sudah ditransfer ke masing-masing rekening penerima. Dan untuk Riau kita menerima sebanyak 253 ribu KK, penerima ini diluar non PKH dan penerima sembako," jelas Darius.

Sementara untuk warga yang tidak menerima BLT dari Kemensos sambungnya, mendapat bantuan dari Pemprov Riau sebesar Rp300 ribu setiap KK.

“Kita Provinsi memberikan bantuan sebesar Rp300 ribu per KK, juga melalui data dari Pemerintah Kabupaten Kota. Namun penerima dari Pemprov dan Kabupaten Kota, tidak lagi menerima bantuan tunai sosial dari Kemensos,” jelasnya lagi.

Untuk mekanisme penyaluran, tidak saja melalui transfer rekening  Himpunan Bank Negara (Himbara), tapi juga melalui PT Pos Indonesia yang mengirimkan langsung dari rumah kerumah sesuai by nama by adress ataupun masyarakat mengambil langsung ke kantor pos.

“Jadi bagi warga yang sudah memiliki rekening Himbara, seperti Bank BRI, BNI dan Bank Mandiri, akan masuk langsung ke rekening penerima. Nah itu datanya diambil dari NIK penerima, pihak Kemensos langsung mentransfernya tanpa melalui pemerintah Kabupaten Kota, langsung ke penerima. Kalau melalui Pos dikirimkan ke alamat penerima, dengan bukti penerima,” ungkapnya.Mcr






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar