Galeri Foto

Bupati Wardan Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lancang Kuning Tahun 2021

TEMBILAHAN (INDOVIZKA) - Bupati Indragiri Hilir HM. Wardan didampingi Kapolres dan Komandan Kodim 0314 Indragiri Hilir memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lancang Kuning tahun 2021, Rabu (5/5/2021).

Apel yang dipusatkan di halaman Mapolres Indragiri Hilir ini turut dihadiri pejabat terkait serta diikuti oleh unsur perwakilan Satgas yang berasal dari Polres, Kodim, Pemerintah Daerah, Basarnas serta instansi terkait lainnya dengan mengedepankan protokol kesehatan.

Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lancang Kuning tahun 2021 diawali dengan inspeksi pasukan dan pemasangan pita secara simbolis oleh pemimpin apel kepada peserta apel sebagai tanda dimulainya Operasi Ketupat Lancang Kuning tahun 2021.

Dalam amanat Kapolri yang dibacakan oleh Bupati Indragiri Hilir menyatakan, apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2021 dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan mitra kamtibmas lainnya.

Untuk itu, semangat dari Operasi Ketupat 2021 adalah upaya dalam mencegah penyebaran Covid-19 melalui penyekatan dan penegakan terhadap protokol kesehatan dan langkah-langkah edukatif dan preventif secara humanis.

“Tujuan yang ingin dicapai adalah masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dengan rasa aman dan nyaman serta terhindar dari bahaya Covid-19,” ucap Wardan.

Pada operasi Ketupat tahun 2021, substansi dari kebijakan pelarangan mudik oleh Pemerintah adalah mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 agar tidak terjadi klaster-klaster pada saat kegiatan di bulan suci ramadhan seperti Klaster Pesantren, Klaster Mudik, Klaster Ziarah, Klaster Taraweh, dan sebagainya tutup bupati menutup sambutannya.

Acara dilanjutkan dengan melakukan pemeriksaan kesiapan sarana-prasarana penunjang dan kendaraan operasional yang akan digunakan selama Operasi Ketupat Lancang Kuning 2021 berlangsung.