Galeri Foto

Diskop UKM Inhil Monitoring UMKM Gula Merah Sari Nira

Indovizka.com, - Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melaksanakan monitoring dan pembinaan bagi pelaku UMKM Gula Merah ‘Sari Nira’ di Jalan M Boya lorong Durian.

Kepala Dinas KoperasiUKM Inhil, Ir H Illyanto MT diwakili Kasubag Keuangan dan Perlengkapan, Hj. Sri Wahyuni, S.Sos mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk melakukan pemantauan dan sekaligus pembinaan langsung kepada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Kabupaten Inhil.

"Dengan hadirnya kami kesini, dapat memberikan solusi dan mendengar keluhan atau masukan yang disampaikan oleh para pelaku UMKM binaan Diskopukm Inhil," ucapnya. 

Semantara itu, pemilik UMKM Sari Nira, Burhanuddin (32) mengatakan produksi olahan gula merah ini berasal dari Desa Sialang Panjang sejak tahun 2021 lalu.

"Usaha Sari nira pembuatan gula merah alami dibuat tanpa bahan pengawet (murni)  dengan memakai alat tradisional berupa bambu yang sudah di cetak, gula merah tersebut tempat produksinya di Desa Sialang Panjang dan market pemasaran nya di Tembilahan. Sebelum terjadinya banjir di Sialang produksi kami mencapai 20 kilogram dengan satu kali produksi perhari 45 kilogram, setelah banjir produksi hanya bisa mencapai 24 kilogram perhari dikarenakan produksi terganggu lambat keringnya," ujarnya.

Lanjutnya, untuk harga pemasaran satu kilo gula merah sari nira sekitar Rp 22.000.

“Kita jual satu kilo gula merah itu Rp.22.000 dan pemasaran nya pun sekarang telah sampai ke luar daerah. Kita juga menjual secara online atau melalui media sosial (medsos). Untuk yang ingin pesan bisa hubungi nomor 082268466678,” pungkasnya.