Galeri Foto

Dinkes Inhil Gelar Pertemuan Tatalaksana Penyelenggaraan SKAMRT

INDOVIZKA.COM - Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Dinkes Inhil) menyelenggarakan Pertemuan Tatalaksana penyelenggaraan Surveilens Kesehatan Air Minum di Tingkat Rumah Tangga (SKAMRT), Senin (24/06/2024) di salah satu hotel di Tembilahan.

Kegiatan ini dihadiri 30 orang peserta dari Pemegang program kesehatan lingkungan se-Kabupaten Inhil, perwakilan dari setiap Puskesmas se-Inhil dengan narasumbernya dari Dinkes Provinsi Riau.  

Pertemuan ini dihadiri langsung oleh Kepala Dinkes Inhil, Rahmi Indrasuri SKM, M.KL,  Kepala Bidang di Lingkungan Dinkes Inhil, Sub Koordinator dan Kasubag.

Kepala Dinkes Inhil menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk untuk mengetahui tata cara pelaksanaan pemeriksaan air di lingkup rumah tangga dalam kehidupan sehari-hari.

"Surveilens kualitas air minum rumah tangga bertujuan untuk mengetahui tingkat risiko cemaran lingkungan, tingkatan akses air minum, kualitas air baik secara fisik, kimia maupun biologi serta mengetahui perilaku pengelolaan air minum rumah tangga," jelasnya.

"Kegiatan ini dapat dimanfaatkan untuk  meningkatkan pengetahuan pemegang program tentang tata cara pelaksanaan pemeriksaan air di lingkup rumah tangga," sambungnya.

Kegiatan ini diawali dengan observasi, dilanjutkan dengan wawancara, inspeksi kesehatan lingkungan pada sarana air minum dan pengambilan sampel air di lokasi titik sampel yang sudah ditentukan. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan 19 Parameter wajib sesuai dengan Standar Baku Mutu Air Minum sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 2 Tahun 2023.