Tinjau Banjir Pekanbaru, Gubri akan Koordinasi dengan BWSS untuk Normalisasi Sungai Sail


PEKANBARU (INDOVIZKA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan koordinasi dengan Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) III di Pekanbaru untuk melakukan normalisasi Sungai Sail, Kota Pekanbaru. Pasalnya pendakalan sungai menjadi penyebab banjir setiap hujan deras.

Demikian disampaikan Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar kepada INDOVIZKA.com, Jumat (23/4/2021) usai meninjau banjir di Kelurahan Tangkerang Utara, Kecamatan Bukit Raya, Pekanbaru. Saat meninjau banjir Gubri didampingi Danrem 031 Wirabima Brigjen TNI Syech Ismed dan Kepala BPBD Riau, M Edy Afrizal.

Dalam tinjauannya, Gubri mengaku mendapat pengaduan dari masyarakat yang tinggal di bantaran Sungai Sail, selalu tertimpa musibah banjir saat curah hujan tinggi.

"Kejadian banjir di Kota Pekanbaru ini ada beberapa spot. Kami memang meninjau di Kelurahan Tangkerang Utara, jadi ini memang sudah ada penanggulangan, tadi juga ada dapur, agar nanti merkea dalam puasa ini mendapatkan pelayanan yang baik, dan juga bisa berbuka dan juga bisa nanti sahur," katanya.

"Tadi ada harapan masyarakat untuk normalisasi Sungai Sail, ketua RT nya berharap begitu. Untuk normalisasi kita akan berkoordinasi dengan Balai Wilayah Sungai, karena itu kewenangan mereka, Sungai Sail dan sungai Batak," terangnya.

Lebih lanjut Gubri menyatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terkait banjir di Pekanbaru. Dimana saat ini mulai terjadi perubahan iklim siklon tropis, yang dapat turunnya curah hujan yang cukup tinggi.

"Saya sudah diingatkan oleh BNPB adanya siklon tropis, yang dimungkinkan terjadinya hujan yang cukup besar. Makanya saya bilang ini tidak bisa kita hindari masyarakat agar waspada, tadi diantaranya masyarakat semuanya sudah di tempatkan di posko banjir yang disiapkan. Ada juga warga yang tak mau dipindahkan karena rumahnya bertingkat, makannya diantar petugas," tukasnya.






Tulis Komentar