VIDEO : Begini Proses Evakuasi Buaya Berukuran 4,5 Meter di Sialang Panjang



TEMBILAHAN HULU, (INDOVIZKA)- Tim Reaksi Cepat Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) bersama warga Desa Sialang Panjang Kecamatan Tembilahan Hulu Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) berhasil mengevakuasi seekor buaya berukuran besar yang kerap meresahkan warga akhir-akhir ini.

Buaya yang diperkirakan sepanjang 4,5 meter sering muncul di permukaan sungai Parit 1 Desa Sialang Panjang ini berhasil ditangkap dengan menggunakan jerat tali pada pukul 21.00 Wib malam ini, Rabu (17/11/2021).

"Ia, buayanya sudah ditangkap sekitar jam 9 malam di Parit 2 Sialang Panjang," kata Kepala Desa Sialang Panjang H Yusuf Kurnain, kepada indovizka.com membenarkan.

Hal senada juga disampaikan Kepala DPKP Inhil Edywan Shasby. Menurutnya buaya yang sangat meresahkan warga itu saat ini sudah dievakuasi timnya bersama warga.

Proses penangkapan buaya tersebut dikatakan Edywan Shasby berjalan memakan waktu lebih kurang 8 jam dan beberapa kali mengalami kegagalan karena buaya yang ditangkap cukup besar.

"Alhamdulillah buaya dapat ditangkap dan langsung dievakuasi ke Mako Damkar Inhil untuk diamankan sementara sambil menunggu koordinasi lebih lanjut dengan BKSDA Rengat," ujarnya.

Untuk mengevakusi buaya tersebut, ada sebanyak 28 personil TRC DPKP Inhil yang terdiri dari 2 Regu TRC Damkar beranggotakan lebih kurang 25 orang didampingi Pengawas, Tim EMS/Emergency Medical Service/ Medis sebanyak 3 orang dan dibantu oleh masyarakat setempat.

Sebelumnya, buaya tersebut sering terlihat berenang melintas melawan arus di aliran sungai. Binatang buas ini sempat direkam dan langsung menghebohkan warga. Guna menindaklanjutinya, aparatur desa Sialang Panjang menyurati Pemda Inhil untuk mendapatkan solusi penanganan buaya tersebut.





[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar