Ketum PSSI : Rumput Stadion Utama Riau Tak Standar FIFA

Ketum PSSI saat meninjau Stadion Utama Riau.

INDOVIZKA.COM - Pemerintah Provinsi Riau mengusulkan menjadi salah satu tuan rumah Piala Dunia U-20. Ketua Umum (Ketum) PSSI Mochamad Iriawan mengatakan, masih banyak 'PR' jika Stadion Utama Riau dijadikan venue Piala Dunia.

Hal itu dikatakan Iriawan saat melakukan peninjauan Stadion Utama Riau di kawasan Panam, Pekanbaru, Kamis (13/2/2020). Dia menyebut bahwa rumput Stadion Utama Riau saat ini tidak layak untuk event Piala Dunia.

"Rumput Stadion Utama Riau ini tidak standar FIFA, jadi harus dibongkar," kata Ketum PSSI Kamis (13/2/2020) dikutip dari sindonews.

Selain itu, PSSI juga banyak mempunyai catatan terkait stadion eks PON Riau tahun 2012 itu. Catatan lain adalah tangga di area Stadion Utama Riau yang berpotensi membuat pemain cedera. Ini karena tangga stadion tidak dilapisi karpet.

"Tidak bisa pakai tangga biasa, harus pakai karpet sehingga para pemain tidak cidera," imbuhnya.

Jendral bintang tiga Polri ini juga menilai, di luar Stadion Utama Riau terlihat semeraut. Untuk itu, Pemerintah Provinsi Riau diminta memperbaiki jika nantinya bisa terpilih sebagai salah satu venue sepak bola internasional.

"Secara kasat mata, di luar harus ada perbaikan-perbaikan penampilan," imbuhnya sambil menyatakan kursi stadion juga harus ada pembenahan.

Saat ini banyak daerah yang juga menawarkan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 tahun 2021. Riau merupakan salah satu nominasi. Bisa diterima atau tidak, tergantung kelayakan stadion.

"Yang terpenting bagaimana mempercepat perbaikan stadion. Atensi kepala daerah disini menjadi catatan kami, apakah Stadion Utama Riau layak atau tidak. Setelah ini kami akan melihat stadion lainnya," tukasnya.

Gubernur Riau, Syamsuar mengatakan siap merenovasi Stadion Utama Riau, walau bakal menelan dana cukup besar. Pemprov Riau akan mengandeng pihas swasta untuk pendanaan."Sejauh ini hanya PT RAPP saja yang mau membantu merenovasi stadion. Kita minta perusahaan lain maulah membantu demi warga Riau," pintanya.

Communications Manager PT RAPP, Budhi Firmansyah mengatakan, pihaknya membantu perehapan gedung dan fasilitas Stadion Utama Riau.

"Kita akan berikan dalam bentuk rehabilitasi fasilitas pada stadion," imbuhnya. (*)

 






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar