Dinas Koperasi dan UKM Inhil Gelar Sosialisasi Permodalan dan Kemitraan Bagi Usaha Mikro


INDOVIZKA.COM, - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menggelar sosialisasi Permodalan dan Kemitraan Bagi Usaha Mikro di Hotel Arista, Tembilahan, Rabu (16/11). 

Sosialisasi tersebut diikuti 30 peserta Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Inhil. 

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Inhil, Ir H Illyanto MT meyampaikan pengembangan UMKM merupakan bentuk usaha yang dilaksanakan oleh sebagian besar masyarakat dan memiliki peran yang strategis dalam mewujudkan struktur prekonomian yang dapat berpengaruh terhadap pembentukan struktur ekonomi nasional.

“Secara perinsip dalam rangka pengembangan tingkat kemandirian dan profesionalisme, setiap pelaku usaha untuk pengelolaan usahanya agar dapat beradaptasi dengan pasar, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam pengelolaan usahanya,” kata Illyanto. 

Ia menyebutkan bentuk dukungan Pemerintah yaitu membantu menumbuhkan iklim usaha melalui sumber pembiayaan untuk dapat mengakses kredit perbankan dan lembaga keuangan selain bank.

“Usaha milik Negara dapat menyediakan pembiayaan dari penyisihan bagian laba tahunan yang dialokasikan kepada usaha mikro dalam bentuk pinjaman, hibah dan pembiayaan lainnya. Peningkatan kerjasama antara usaha mikro dan usaha kecil melalui koperasi simpan pinjam dan koperasi jasa keuangan konvinsional dan syariah,” sebutnya. 

Lanjutnya, Narasumber yang hadir akan berikan pencerahan seperti apa permodalan yang bisa dimanfaat kan oleh umkm dan kemitraan seperti apa yang akan dapat oleh umkm, salah satunya itu mengenai KUR. 

“KUR adalah kredit/ pembiayaan yang diberikan deh perbankan kepada usaha mikro bertujuan untuk meningkatkan kapasitas daya saing ukm, mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja serta menanggulangi kemiskinan. Dalam sosialisasi ini narasumber akan menyampaikan persyaratan kredit untuk KUR, supermikro, KUR mikro, KUR kecil ataupun kur khusus,” jelasnya. 

Terakhir, ia berharap setelah acara ini selesai kepada peserta dapat memanfaatkan fasilitas kredit yang diberikan Pemerintah guna mendapatkan akses pembiyaan untuk memperkuat kemampuan modal usaha.






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar