Haji Tahun 2023 Pendamping Mahram Ditiadakan

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau, Mahyudin (foto/int)

INDOVIZKA.COM - Haji tahun 2023 ditiadakan pendampingan mahram. Ini menuntut petugas harus memberikan pelayanan ekstra.

Itu disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Riau, Mahyudin. Nantinya ada petugas dari Arab saudi yang menanggani lansia.

“Kebijakan ini ada beberapa tahun yang lalu yakni ada pendampingan mahram atau pendampingan lansia. Namun tahun ini kebijakan tersebut ditiadakan," sebutnya, Kamis (11/5/2023)

"Dengan cara Kementerian Agama membentuk satu bidang di daerah kerja Mekkah, Daerah Kerja Madinah ataupun Daerah Kerja Bandara yaitu bidang yang khusus menangani lansia," sambungnya dikutip mediacenter.riau.go.id.

Jadi ada Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi yang menangani lansia. Itu juga ditugaskan 10 orang di masing-masing sektor, sehingga mereka yang akan memberikan pelayanan terhadap lansia.

"Makanya tahun ini kebijakannya tidak didampingi oleh mahram atau keluarga yang selama ini ada kebijakan," terang Kakanwil.

Mahyudin menyebut, tidak adanya pendampingan mahram atau pendampingan lansia menuntut petugas haji untuk bekerja ekstra memberikan pelayanan. 

“Utamakan memberikan pelayanan kepada Jemaah haji, baru para petugas melaksanakan Haji. Artinya tugas utamakan haji nomor dua” pesannya. 

Sebagai informasi, Direktur Bina Haji, Arsad Hidayat menyebut Kemenag telah mempersiapkan langkah mitigasi terlebih tidak adanya pendampingan jemaah haji.

"Apalagi tidak adanya pendamping jemaah lansia dan penggabungan mahram sejumlah inovasi telah disiapkan," ujarnya






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar