TELUKKUANTAN, INDOVIZKA.COM- Kabupaten Kuantan Singingi sudah ditunjuk PWI Riau sebagai tuan rumah pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) tingkat Provinsi Riau tahun 2024.

Saat ini, PWI Riau, PWI Kuansing dan Pemkab Kuansing melalui Dinas Kominfo Kuansing terus mematangkan persiapan pelaksanaan helat akbar bagi kalangan jurnalis itu. 

Ada beberapa agenda yang akan dilaksanakan bersempena HPN di negeri jalur itu. Misalnya, lomba karya tulis jurnalistik dan lomba foto jurnalistik. Untuk lomba karya tulis jurnalistik dan karya foto jurnalistik, bertemakan pacu jalur di  Kuantan Singingi. 

"Sesuai hasil diskusi dengan PWI Riau, PWI Kuansing, Dinas Kominfo dan arahan pak bupati, mengangkat tetang tradisi pacu jalur Kuantan Singingi, " ujar Ketua PWI Kuansing, Desriandi Candra, Rabu (29/5/2024) di Teluk Kuantan. 

Tema ini dipilih, kata Desriandi Candra, berdasarkan pertimbangan bahwa pacu jalur merupakan iconik Kabupaten Kuantan Singingi yang sudah di kenal luas, baik bagi masyarakat Kuantan Singingi di kampung halaman maupun di perantauan. 

Bahkan, saat ini, pacu jalur Kuantan Singingi sudah masuk pada peringkat tujuh kharisma even nusantara (KEN) pada tahun 2023. Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi berharap, dengan terus menggaungkannya, mensosialisasikannya melalui beragam sarana termasuk media massa, pacu jalur Kuantan Singingi semakin populer di tanah air. Dimana bisa masuk dalam tiga besar KEN. 

"Lomba LKTJ dan LKFJ sempena HPN Riau yang mengambil tema tentang pacu jalur, bagian kontribusi pers Kuansing dan Riau membahanakan tradisi ini, " ujarnya. 

Lomba ini memperebutkan hadiah yang tidak sedikit, yakni mencapai total Rp37 juta. Dimana lomba terbuka bagi awak media di Kuansing dan di Riau yang berminat.

Kepala Dinas Kominfo Kuansing, Hendra Roza SSI menyebutkan, Pemkab Kuansing sepenuhnya mendukung pelaksanaan HPN tingkat Provinsi Riau di Kabupaten Kuantan Singingi. "Pemkab mendukung sepenuhnya kegiatan HPN ini. Tidak saja menjadi ajang bagi kalangan jurnalis tetapi juga ajang promosi Pemkab terhadap khasanah budaya yang ada terutama pacu jalur", ujar Hendra. 

Bahkan, peserta lomba, lanjut Hendra Roza akan di suguhkan bagaimana proses pembuatan jalur hingga menyaksikan pelaksanaan ivent pacu jalur tradisional 7-8 Juni 2024.

"Silahkan nanti kawan-kawan menulis dari berbagai sisi tentang pacu jalur ini," papar Hendra Roza






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar