Dinkes Inhil Taja Pertemuan Pemetaan Analisis Situasi Stunting


TEMBILAHAN,(INDOVIZKA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menaja pertemuan pemetaan analisis situasi Stunting di Hotel Harmoni, Tembilahan,Rabu(10/3/22) sore.

Acara pertemuan ini akan dilaksanakan selama dua hari dengan dibuka oleh Kadis Kesehatan Inhil yang di wakili Sekretaris Dinkes dan diikuti para peserta selaku pemegang program dari 30 tenaga Gizi Puskesmas yang ada di Inhil.

Dalam sambutannya Kadis Kesehatan melalui Seketaris Dinkes, Rahmi Indrasuri menjelaskan Stunting adalah gangguan pertumbuhan pada anak akibat kurang gizi.

"Stunting merupakan gangguan pertumbuhan pada anak akibat kurang gizi, gangguan gizi kronis masa pertumbuhan pada seribu hari kehidupan yang ditandai dengan panjang atau tinggi badannya yang tidak sesuai standar yang ditetapkan oleh peraturan Menteri Kesehatan nomor 20 tahun 2020 tentang standar Antropometri anak," kata Rahmi.

Ia menambahkan, penurunan Stunting memerlukan intervensi yang terpadu, Pelaksananaan aksi konvergensi penurunan Stunting dilakukan melalui pelaksanaan 8 aksi konvergensi.

"Pelaksanaan 8 aksi konvergensi yakni Analisis Situasi, Rencana Kegiatan, Rembuk Stunting, Perwali/Perbup Peran Desa/Kelurahan, Pembinaan Kader Pembangunan Manusia, Sistim Manajemen Data, Pengukuran dan Publikasi Data Stunting, dan Review Kinerja," tambahnya. 

Pada kesempatan ini Ketua TP-PKK Inhil Hj Zulaikhah Wardan menjadi pemateri pertemuan pemetaan analisis situasi Stunting.






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar