Belasan Rumah Warga Diterjang Angin Puting Beliung


KAMPAR, (INDOVIZKA)- Akibat hujan lebat disertai angin kencang puting-beliung menghantam wilayah Kuntu, Kampar Kiri, Kabupaten Kampar, Riau, dan sekitarnya, Selasa (22/3/2022) sore, mengakibatkan belasan rumah warga yang rusak.

Hujan lebat mulai mengguyur sekitar pukul 16.00 WIB. Tiba-tiba 15 menit kemudian, angin kencang menggulung langsung disertai menghantam rumah warga yang dilaluinya. Akibatnya beberapa atap rumah beterbangan. Ada yang kaca jendelanya pecah dan kerusakan lainnya. Bahkan rumah semi permanen di dekat jembatan langsung roboh. Kabarnya ada warga di dalam rumah saat kejadian, belum berhasil keluar meskipun mengalami luka ringan. 

Hujan deras yang turun mendadak disertai angin kencang dengan suaranya menderu itu tidak   berlangsung lama, namun efeknya merusaknya nyata. Kepala Desa Kuntu Asril  mengatakan, belasan rumah warga rusak karena atapnya diterbangkan angin. Namun, satu yang rusak berat. Rumah yang rusak berat milik Ahmad Fikri. Nyaris semua atap rumahnya hilang.

" Angin puting beliungnya tidak berlangsung lama. Namun belasan rumah warga kami rusak. Atao beterbangan. Yang paling larah rumah milik Ahmad Fikri," ujar Asril, Rabu (23/3/2022). Mengatasi kerusakan yang ditimbulkan angin kencang, Asril mengatakan warga langsung bergotong-royong memperbaiki.

" Untuk langkah pertama, rumah warga yang rusak langsung diperbaiki secara gotong-royong. Kami juga  melakukan penggalangan dana untuk membantu para korban untuk penyediaan material rumah yang rusak dan tak bisa dipakai lagi," tuturnya.

Asril juga mengaku sudah melaporkan ke Badan Penanggulangan Bencana (BPD) dan Badan Zakat Nasional Kampar. Diharapkan laporan tersebut direspon cepat dengan menurunkan bantuan pada para korban.**

 






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar