BAN-SM Riau Percepat Proses Automasi Akreditas 12 Sekolah SMA/SMK

Plt Dinas Pendidikan Riau, M Job Kurniawan. Sumber (cakaplah)

INDOVIZKA.COM - Badan Akreditasi Nasional Sekolah Madrasah (BAN-SM) Riau akan mempercepat proses akreditasi 21 sekolah SMA/SMK negeri dan swasta secara manual.

Puluhan sekolah itu sebelumnya diantaranya tidak lulus akreditasi karena tidak memenuhi syarat secara automasi oleh BAN-SM.

Tidak diperpanjangnya status akreditasi ke 21 sekolah tersebut sempat membuat wali murid resah, karena dikhawatirkan anaknya tidak bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau, M Job Kurniawan mengatakan, jika pihak bersama Komisi V DPRD Riau telah melakukan rapat dengan BAN-SM Riau menindaklanjuti adanya 21 sekolah SMA/SMK negeri dan swasta di Riau tak lulus akreditasi secara automasi.

"Iya, kita baru saja rapat dengan BAN-SM bersama Komisi V DPRD Riau di kantor BAN-SM Riau. Hasil pertemuan itu, BAN-SM akan mempercepat penerimaan berkas proses akreditasi secara manual 21 sekolah itu," kata Job Kurniawan kepada CAKAPLAH.com, Selasa (17/1/2023).

Job menyampaikan, penerimaan berkas akreditasi manual direncanakan pada, Jumat (20/1/2023) sudah dimulai. Karena itu, 21 sekolah tersebut diminta untuk segera mengikuti proses akreditasi secara manual.

"Artinya kalau proses akreditasi manual dipercepat, maka hasilnya diperkirakan pada Maret sudah keluar. Sepanjang semua persyaratan dipenuhi oleh sekolah," ujarnya.

Atas kejadian tersebut, pihaknya kedepan akan meningkatkan koordinasi dengan BAN-SM dan sekolah, termasuk sekolah juga harus memahami tanggungjawabnya untuk proses akreditasi.

"Intinya kedepan harus ada perbaikan -perbaikan agar kejadian serupa tidak terjadi kembali kedepannya," tutup Asisten II Setdaprov Riau ini.

Diberitakan sebelumnya, sedikitnya ada 21 SMA/SMK negeri dan swasta di Provinsi Riau tidak lulus akreditasi oleh BAN-SM.

Puluhan SMA/SMK negeri dan swasta itu tidak lulus akreditasi karena syarat automasi perpanjangan status akreditasi tidak lengkap. Termasuk SMA Plus Provinsi Riau.

Berikut 9 sekolah SMA negeri dan swasta di Riau yang tak lulus akreditasi secara automasi:

1. SMAS Karya Praja Indragiri Hilir 
2. SMAS Tuah Gemilang Indragiri Hilir 
3. SMAS Nur Hasana Rokan Hilir 
4. SMAS Tunas Bangsa Rokan Hilir 
5. SMAS An Naas Pekanbaru 
6. SAMS Persada Pembenaan Indragiri Hilir 
7. SMA Plus Riau 
8. SMAN 3 Tapung Kampar 
9. SMAN 1 Batu Hampar Rokan Hilir

Berikut 12 sekolah SMK negeri dan swasta di Riau yang tak lulus akreditasi secara automasi:

1. SMK Budi Mulia Indragiri Hilir 
2. SMK Islam Terpadu Tebuireng III Indragiri Hilir
3. SMKS Pertanian Terpadu Kepulauan Meranti
4. SMKS Rokan Rokan Hilir
5. SMKS Tri Erlangga Rokan Hilir
6. SMKS Kesehatan Al Fath Siak 
7. SMKN 1 Reteh Indragiri Hilir 
8. SMKN 1 Tembilahan Hulu 
9. SMKN 1 Merbau Kepulauan Meranti
10. SMKN 1 Kuala Kampar Pelalawan
11. SMKN 1 Pangkalan Kerinci Pelalawan
12. SMKN Petanian Terpadu Pekanbaru






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar