Wisatawan di Riau Terancam Akan Berkurang

Bandara SKK II Pekanbaru. (Iniriau)

INDOVIZKA.COM - Jumlah wisatawan asing yang datang ke Riau Terancam berkurang. Pasalnya Pemerintah akan memangkas bandara internasional dengan alasan untuk meningkatkan pariwisata dalam negeri, sehingga masyarakat memilih berlibur di dalam negeri.

Jika saat ini  Indonesia memiliki 32 bandar udara (Bandara) internasional, nantinya bandara rute internasional menjadi hanya 14-15 bandara sebagai pintu masuk penerbangan internasional. 

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Riau, Roni Rakhmat jika Bandara SSK II Pekanbaru tak layani penerbangan internasional, maka akan berdampak dengan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara masuk ke Riau.

"Tentu akan terjadi pengurangan jumlah wisatawan mancanegara, khususnya dari negara tetangga Malaysia, jika Bandara SSK ditutup melayani penerbangan internasional ," katanya, Kamis (23/2/2023). 

Roni menambahkan tahun 2022 kunjungan wisatawan mancanegara di Riau yang masuk lewat Bandara SSK II Pekanbaru sekitar 6.000-an orang. 

"Yang wacana akan ditutup kan bandara, kalau pelabuhan tidak, makanya itu akan mengurangi jumlah wisata, kalau hilang tidak karena wisatawan dari negara tetangga bisa menggunakan transportasi laut," sebutnya.

 

Selain itu, kata Roni, dampak dari tutupnya penerbangan internasional akan berpengaruh terhadap pendapatan berkurang bagi pelaku usaha pariwisata.

"Termasuk tingkat hunian hotel juga akan berkurang. Karena estimasi perputaran uang yang dihasilkan dari pariwisata pada tahun 2022 berkisar Rp8,8 triliun dengan tingkat hunian kamar hotel 41,6 persen per hari. Kalau penerbangan internasional ditutup, tentu pendapatan pelaku usaha pariwisata berkurang," tukasnya. 

Sebelumnya, Gubri menyurati Menteri Perhubungan menyikapi soal wacana pemerintah pusat yang akan memangkas sejumlah bandara internasional menjadi bandara domestik.

Dalam Surat bernomor 550/DPHB/1346 tersebut, Gubri Syamsuar meminta dukungan agar Bandara SSK II Pekanbaru tetap menjadi bandara  internasional. 

Sebab Bandara SSK II Pekanbaru merupakan salah satu bandar udara Internasional di Indonesia yang memiliki kapasitas 3,5 juta penumpang per tahun.






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar