Pertama di Riau, UFC Taja Mabar Udang Galah di Siak

Bupati Siak hadiri Mabar udang galah di Kampung Tualang (halloriau).

INDOVIZKA.COM - Bupati Siak, Alfedri menghadiri Mancing Bareng (Mabar) udang galah yang ditaja komunitas UFC bersama pemerintahan Kampung Tualang. Acara ini diikuti seluruh angler atau pemancing se-Kabupaten Siak, Minggu (26/2/2023).

Bupati Alfedri mengatakan, bahwa kegiatan lomba mancing udang galah di Dusun Surya, Kampung Tualang, Perawang, merupakan upaya untuk pelestarian Sungai Siak. Ini sejalan dengan upaya Pemkab yakni Siak Hijau, yang telah diluncurkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

"Siak Hijau ini regulasinya sudah jadi Perda. Gerakan Siak Hijau, sungai bersih seperti ini tentu perlu dukungan dari semua pihak. Tidak hanya pemerintah kabupaten, masyarakat dan komunitas pun ikut berperan aktif," katanya. 

Diceritakan Bupati Siak, zaman dahulu, saat dirinya pernah menjabat sebagai Camat Tualang, masyarakat banyak melakukan menubo atau meracuni udang. Ini berdampak bagi habibat udang di Sungai Siak yang semakin berkurang jumlahnya. 

"Tentunya, dengan kesadaran dan komitmen bersama, aktifitas menubo atau mendecis tidak ada lagi. Sungai Siak dapat dilestarikan. Udang galah semakin bertambah jumlahnya. Saya juga berterima kasih dengan adanya konsep seperti ini, Komunitas Mancing Angler Siak ikut mengontrol dalam melestarikan dan menyelamatkan sungai Siak," ungkapnya. 

Penghulu Kampung Tualang, Juprianto mengatakan, saat ini kesadaran masyarakat untuk menjaga Sungai Siak cukup tinggi. Pemerintahan Kampung juga telah memberikan dana bantuan berupa jaring ikan dalam pemberdayaan nelayan.

"Selain itu, sejak beberapa tahun lalu tempat ini telah menjadi spot mancing dan berdampak adanya peningkatan usaha masyarakat. Serta pemasukan ekonomi masyarakat bagi pemancing yang datang. 

Kegiatan lomba mancing udang galah ini perdana dan pertama dilaksanakan di Riau, khususnya di Siak. Serta diikuti peserta dari komunitas mancing yang ada di Siak.

Sebagai bentuk dukungan dan komitmen bersama dalam mendukung program Siak Hijau Siak Lestari, komunitas mancing deklarasikan menjaga kelestarian sungai, ditandai penandatanganan oleh Bupati Siak, Alfedri.






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar