Biaya Makan Hanya Rp45 Ribu Per Hari, Komisi V: Bukan Prestasi Malah Kesehatan Terganggu

SMAN Olahraga Riau.(foto: int)

INDOVIZKA.COM- Ketua Komisi V DPRD Riau, Robin P Hutagalung mengkritik keras anggaran makan siswa di SMAN Olahraga Riau yang hanya Rp45 ribu per hari, termasuk sarapan, makan siang, makan malam dan suplemen.

Robin mengatakan, seluruh siswa di SMAN Olahraga Riau merupakan atlet dan dipersiapkan untuk menjadi atlet di masa depan. Dengan anggaran Rp45-50 ribu per hari tentu tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi dan vitamin para siswa.

Robin menuturkan, karena para siswa berkegiatan lebih banyak selayaknya atlet, tentu kebutuhan makanan dan nutrisi harus lebih tinggi dibandingkan sekolah-sekolah asrama lainnya.

"Saya memandang itu tak layak karena kalau ambil ukuran Pelatda saja, itu 'kan sudah di angka Rp105 ribu. (Kalau Rp45 ribu) Bukan prestasi yang dapat, justru kesehatannya terganggu," kata dia, Rabu (17/5/2023).

Oleh karena itu, Robin dan Komisi V DPRD Riau meminta Pemprov Riau melalui Disdik Riau untuk memperhatikan makanan dan juga tenaga pelatih di SMAN Olahraga Riau.

Selain itu, Robin mengungkapkan, Komisi V DPRD Riau akan mengusulkan peningkatan anggaran konsumsi siswa atlet SMAN Olahraga dalam APBD Perubahan 2023 mendatang.

"Akan kita sesuaikan dengan standar Pelatda. Kalau di KONI riau itu sekitar Rp105 ribu per hari, maka setidaknya anggaran makan yang ideal per hari itu antara Rp105-120 ribu," pungkasnya.






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar