Sempat Nihil, Pagi Ini Hotspot Sumatera Tembus 942 Titik

Ilustrasi hotspot di Pulau Sumatera kembali meningkat (foto/int)

PEKANBARU, INDOVIZKA. COM- Jumlah hotspot di Pulau Sumatera, kembali meningkat, Sabtu (23/9/2023) pagi. Padahal sebelumnya hotspot sempat terpantau nihil.

"Total titik panas atau hotspot di wilayah Sumatera ada 942 titik, paling banyak di Sumatera Selatan 569 titik dan Lampung 299 titik," sebut Moh Ibnu, Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Riau, Sabtu (23/9/2023).

"Kemudian Bengkulu 22 titik, Jambi enam titik, Sumatera Barat tujuh titik, dan Bangka Belitung 38 titik. Sedangkan Riau hanya ada satu titik, tepatnya di Kabupaten Indragiri Hulu," sambungnya.

Seperti diketahui, Pemprov Riau bersama pemerintah daerah 12 kabupaten/kota mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) sejak lama. Tetapi terjadi Karhutla di wilayah Rohil, Pelalawan, Bengkalis, Indragiri Hulu, dan Dumai.

Pemprov Riau telah mendapat bantuan helikopter bantuan patroli dan water bombing. Karena sudah mulai teratasi, dua helikopter WB dialihkan ke provinsi lainnya.

Lalu operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) untuk mengantisipasi bencana Karhutla di Provinsi Riau dengan menyemai garam sudah dihentikan. Sebelumnya Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta seluruh Kapolda se-Indonesia mengeluarkan maklumat larangan membakar hutan dan lahan.

 






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar