Tingkatkan Metabolisme dan Semangat, Manfaat Minum Kopi Sebelum Olahraga

ilustrasi

INDOVIZKA.COM- Bukan hanya dinikmati saat merasa kantuk di kantor, kopi juga menjadi minuman penambah energi bagi mereka yang rutin berolahraga. Minum kopi sebelum olahraga punya banyak manfaat yang mungkin tubuh kamu butuhkan. 

Enggak sembarangan lho, mengaitkan kopi dengan olahraga. Soalnya, banyak penelitian yang mengungkap manfaat minum kopi sebelum olahraga. 

Menurut Mury Kuswari nutrisionis & ketua umum Asosiasi Nutrisionis Olahraga dan Kebugaran Indonesia (ANOKI), kopi membantu menstimulasi metabolisme lemak.  

“Jadi, lemak yang ada ditubuh kita itu dicernanya tidak cepat, karena di dalam kopi terkandung kafein yang bisa membantu proses lemak menjadi sumber energi, makanya kopi dibilang salah satu minuman sumber energi,” terangnya kepada kumparan saat ditemui beberapa hari lalu di Jakarta (27/3).

 Dikutip dari berbagai ahli, sumber penelitian, dan jurnal, berikut adalah manfaat minum kopi sebelum olahraga: 

Menstimulasi energi

Jika susu protein tambahan berfungsi sebagai sumber energi dan recovery, maka kopi berguna untuk menstimulasi energi. Sehingga keduanya tidak bisa disamakan.  

“Susu protein itu komposisinya karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan kalsium. Kalau kopi lebih banyak kafein, elkarnitin, dan asam amino lainnya,” ungkap Mury.  

Tak serta merta diminum begitu saja saat olahraga, Mury menyarankan minumlah kopi satu jam sebelum olahraga.  

Meningkatkan kinerja tubuh

Saat berolahraga, yang kita cari adalah lebih banyak bergerak. Salah satu manfaat minum kopi sebelum berolahraga adalah meningkatkan kinerja tubuh sehingga kita jadi mampu bergerak lebih banyak.  

Studi yang dipublikasikan dalam The Journal Nutrients mengungkapkan bahwa minum kopi bisa meningkatkan kecepatan bersepeda laki-laki dan perempuan. 

Studi ini menyelidiki efek konsumsi kopi dalam uji coba bersepeda dengan jarak 5 kilometer. Hasilnya menunjukkan bahwa kopi punya efek positif pada kinerja uji waktu; baik untuk pesepeda perempuan atau laki-laki. 

Meningkatkan metabolisme

Beberapa studi pun mengatakan jika minum kopi 30 menit sebelum olahraga dapat meningkatkan metabolisme tubuh kita. 

"Kopi secara cepat diserap oleh aliran darah. Kafein akan meningkatkan tingkat metabolisme sebanyak tiga sampai 11 persen sehingga tubuh akan membakar lemak lebih cepat," jelas Lindy Cohen, seorang ahli gizi dari Australia, dikutip dari Dailymail. 

Itu dia beberapa manfaat minum kopi sebelum olahraga. Pastikan untuk membatasi jumlahnya. Menurut Mury, sebaiknya satu hingga dua gelas sebelum olahraga, sebab maksimal kita minum kopi adalah tiga gelas per hari.






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar