Siak Siap Ikuti PSBB Riau, Tunggu BLT Disediakan Pemprov Riau


SIAK - Pemerintah Kabupaten Siak menyatakan siap mengikuti dan mendukung pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk lima kabupaten-kota di Riau yang saat ini tengah diusulkan pemerintah provinsi kepada Menteri Kesehatan.


Selain Siak, empat lainnya yang diusulkan adalah Kabupaten Kampar, Pelalawan, Siak, Bengkalis dan Kota Dumai. Bupati Siak, Alfedri mengatakan pemerintah daerah siap meski daerahnya belum masuk kriteria diterapkannya PSBB sesuai Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) Nomor 9 Tahun 2020.

"Jika memang ada kajian secara epidemologi dari Pemprov bahwa Siak perlu PSBB, kami siap ikut. Tinggal lagi apa peran dan tanggung jawab dari provinsi untuk penerapannya," kata Alfedri di Siak, Sabtu (9/5/2020).

Sampai saat ini katanya, yang jelas dari Pemprov Riau akan ada Top Up Bantuan Langsung Tunai Rp300 ribu. Sementara pihaknya akan menyalurkan sembako serta BLT lainnya dari dana desa.

Alfedri mengatakan, telah menyiapkan langkah-langkah untuk penerapan PSBB dalam hal anggaran, aturan hingga penyaluran bantuan kepada masyarakat yang terdampak dari PSBB. "Kami pribadi sudah melakukan kajian mulai dari penerima bantuan sembako yang bersumber dari APBD dan penerima BLT dana desa," Kata dia.

Bupati Alfedri juga menyampaikan bahwa kebijakan PSBB itu murni merupakan usulan dari Gubernur Riau, Syamsuar. Meski demikian, Siak setuju jika itu diterapkan karena wilayah Siak berbatasan dengan zona merah dan sebagai jalur lintas untuk menekan penyebaran COVID-19.

"Ya kalau Siak sendiri yang usulkan itu belum memenuhi kriterianya. PSBB bisa diberlakukan untuk kabupaten atas usulan gubernur," ujarnya.

Usulan PSBB kata Alfedri, sudah dilayangkan pemprov sejak tanggal (7/5) kemarin. Sembari menunggu keputusan persetujuan tersebut pihak Pemkab terus mematangkan kesiapan untuk keberhasilan PSBB di Siak.

"Kami tinggal menunggu kebijakan dari gubernur kapan mau diberlakukan setelah nanti disetujui oleh Kemenkes. Saya sampaikan Siak siap," tuturnya.

 






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar