Ditunggu-tunggu, Wakil Walikota Minta Percepat Operasional Lab Biomolekuler Pekanbaru

Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi.

PEKANBARU (INDOVIZKA) - Laboratorium Biomolekuler milik Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru sampai kini belum dibuka untuk umum. Dinas Kesehatan (Diskes) diminta menggesa agar laboratorium itu bisa dibuka untuk umum.

Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi saat dikonfirmasi menyayangkan laboratorium biomolekuler belum bisa melayani pemeriksaan Covid-19 bagi masyarakat umum. Apalagi, saat ini Kota Pekanbaru masih berada terancam pandemi penyakit menular dan mematikan tersebut.

"Ini sebenarnya kan sangat ditunggu-tunggu. Harapan kita agar segera bisa dibuka untuk umum, karena semakin banyak yang ditracing akan semakin besar upaya kita untuk memutuskan rantai penyebaran Covid-19," kata Ayat, Rabu (17/2/2021).

Ia meminta agar dinas terkait segera melakukan percepatan. Jika ada kendala, termasuk dalam hal fasilitas dan regulasi diminta untuk mencari tahu dimana persoalannya.

"Dinas terkait kan yang paling tahu masalahnya. Apa kendalanya harus segera dikomunikasikan dan dikoordinasikan," jelasnya.

Laboratorium biomolekuler masih menunggu izin operasional dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbang Kes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Akibatnya, laboratorium ini belum bisa melayani masyarakat umum.






Tulis Komentar