Masa Tugas Berakhir, Irwan Mengaku Sudah Serahkan Semua Aset yang Dipakai Saat Jadi Bupati


MERANTI (INDOVIZKA) - Mantan bupati dua periode Drs H Irwan MSi, mengaku telah menyerahkan semua aset yang dipakai selama ini ke Pemkab Kepulauan Meranti. Penyerahan aset ini dilakukan pasca dirinya tak lagi menjadi bupati di daerah yang sering juga disebut Kota Sagu itu.

"Dengan berakhirnya jabatan saya sebagai bupati, semua aset sudah saya dikembalikan kepada pemerintah daerah. Semoga dapat dimanfaatkan oleh pejabat selanjutnya," kata Irwan.

Aset yang diserahkan Irwan itu, selain yang ada di Selatpanjang (rumah dinas dan mobil dinas) juga yang berada di Pekanbaru dan Jakarta. Untuk di Pekanbaru, berupa mess pemda dan dua unit mobil mewah Range Rover dan Alphard. Mess pemda yang terletak di Tangkerang Labuai Pekanbaru dibeli pada tahun 2014, sedangkan mobil pengadaan tahun 2018.

Irwan mengatakan dirinya merasa bertanggungjawab untuk mengembalikan aset Pemkab Kepulauan Meranti ini. Sebab, mobil dan rumah dinas merupakan titipan sementara yang bisa dimanfaatkan selama dirinya menjabat sebagai bupati pada periode 2016-2021.

Pada kesempatan itu Bupati dua periode ini juga berpesan agar seluruh pejabat yang menggunakan aset Pemkab dapat menjaganya dengan baik. "Aset yang diberikan harus dijaga dengan baik. Timbulkan rasa memiliki sehingga kita merawatnya seperti milik kita. Namun jangan pula ingin memilikinya. Sebab itu semua hanya titipan," ungkapnya. 

Sementara itu Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah, Adi Pranoto, membenarkan bahwa mantan bupati Irwan sudah menyerahkan semua aset yang kemarin dipakai. Kata Adi Pranoto, aset yang dikembalikan oleh Irwan nantinya disiapkan untuk bupati yang akan datang. "Untuk yang di luar daerah (Jakarta, red) tidak kita bawa ke Pekanbaru karena akan jadi hak bupati terpilih. Nanti akan kita serahkan ke beliau (H Adil) untuk operasional di Jakarta," ujar Adi.

"Kondisi aset seperti mobil ini sangat baik dan sangat terawat. Kami ucapkan terimakasih kepada pak Irwan Nasir. Mobil ini akan kita serahkan dan akan digunakan bupati selanjutnya karena kalau diganti harus dilelang terlebih dahulu dan ini belum memenuhi syarat untuk dilakukan pelelangan," ungkapnya.

Sebelumnya, pasca Sertijab tanggal 17 Februari 2021 (dari Irwan ke Plh Bupati Meranti Dr Kamsol), mantan bupati dua periode itu juga menyerahkan aset berupa mobil dinas toyota camry dan rumah dinas. Aset ini dipakai Plh Bupati yang juga Sekretaris Meranti, Dr Kamsol, karena hingga saat ini di Kota Sagu, bupati terpilih belum dilantik.






Tulis Komentar