Riau Sumbang 12 Titik Panas di Sumatera

Ilustrasi

PEKANBARU (INDOVIZKA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat adanya 64 titik panas atau hotspot di Pulau Sumatera, Jumat (11/6/2021).

"Hari ini terpantau 64 titik panas di Pulau Sumatera. Riau menjadi salah satu daerah penyumbang titik panas untuk Sumatera," ujar Forecaster On Duty BMKG stasiun Pekanbaru, Sanya Gautami, Jumat (11/6/2021).

Ia mengatakan 64 titik panas ini tersebar di 8 wilayah dengan sebaran terbanyak itu berada di Jambi yakni 14 titik.

"Selanjutnya adalah di Sumatera Utara sebanyak 13 titik, Provinsi Riau dan Sumatera Selatan masing-masing 12 titik, Sumatera Barat 8 titik, Lampung 3 titik dan Bengkulu serta Kepulauan Riau masing-masing 1 titik," cakapnya.

Dikatakan Sanya, untuk 12 titik panas yang terpantau di Riau tersebar di 8 wilayah. Adapun sebarannya adalah di Pelalawan dan Indragiri Hilir masing-masing 3 titik.

"Selanjutnya ada di Kabupaten Bengkalis, Siak, Kuantan Singingi, Rokan Hilir, Rokan Hulu dan Kota Pekanbaru masing-masing 1 titik," ungkapnya.

Dari jumlah tersebut, lanjut Sanya, seluruhnya berada di level sedang. Hal ini bisa diartikan di wilayah tersebut belum bisa dipastikan ada aktivitas kebakaran hutan dan lahan.

"BMKG terus mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan," imbaunya.

Suhu Udara Riau hari ini berada di angka 24.0 - 34.0 °C dengan kelembapan udara 50 - 95 %. Sementara arah angin berhembus ke arah Tenggara - Barat Daya dengan kecepatan 05 - 36 km/jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.5 - 1.25 m (rendah).






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar