Ratusan Kelompok Peternak di Riau Bakal Terima Bantuan 1.883 Ekor Sapi


PEKANBARU, (INDOVIZKA) - Tahun ini, kelompok peternak di Riau akan mendapatkan bantuan 1.883 ekor sapi. Bantuan tersebut sapi tersebut, dialokasikan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Riau tahun 2022 dengan nilai sebesar Rp: 20,9 miliar lebih.

Demikian, dikatakan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Provinsi Riau, Herman, Rabu (23/2/22). Ada pun rincian alokasi bantuan 1.883 ekor sapi, yakni 269 ekor sapi jantan, dan 1.614 ekor sapi betina.

" Bantuan sapi untuk kelompok ternak sudah selesai. Kontraknya juga sudah diteken oleh pihak penyedia dan Dinas PKH Riau." Kata Herman.

Menurut Herman, kontrak mendatangkan ribuan Sapi Madura tersebut, telah dilakukan dengan penandatanganan bersama pihak penyedia.

" Sapi itu nanti diserahkan kepada 269 kelompok ternak di 12 kabupaten/kota se Riau. Masing-masing kelompok akan menerima tujuh ekor sapi, dengan rincian enam sapi betina dan satu sapi jantan." Ujarnya. Masih menurut Herman, pihaknya sengaja menggesa pengadaan bantuan sapi serta melaksanakan kontrak pengadaan lebih awal. Hal ini untuk memastikan pengadaan ribuan sapi untuk peternak sapi di Riau tidak mengalami kendala seperti tahun lalu.

Herman juga memastikan, proses pengadaan ribuan sapi ini sudah melalui proses sesuai aturan. Bahkan, Dinas PKH sendiri selama proses tender, melibatkan Asdatun Kejati Riau, sebagai bentuk transparansi. Lebih lanjut, Herman memaparkan, 269 kelompok ternak yang akan menerima bantuan sapi dari Pemprov Riau tersebut terdiri dari 47 kelompok dari Kabupaten Kuansing, 42 Indragiri Hulu, 29 Indragiri Hilir, 12 Pelalawan, 30 Kampar, 24 Siak, 6 Rokan Hulu, 43 Bengkalis, 35 Rokan Hilir dan 1 kelompok dari Pekanbaru.

" Untuk pengadaan sapi kita pilih jenis sapi Madura. Dan kami sudah cek langsung peternak sapi di pulau Jawa. Kami ingin memastikan ketersediaan sapi ada." Paparnya.**






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar