Diprediksi H-3 Lebaran Puncak Arus Mudik di Terminal Pekanbaru

Terminal BRPS Pekanbaru (halloriau)

PEKANBARU - Puncak arus mudik Idul Fitri 1443 Hijriah melalui Terminal Bandar Raya Payung Sekaki (BRPS) Pekanbaru diperkirakan terjadi pada H-3 lebaran. Saat ini pergerakan penumpang masih berjalan normal.

Juru Bicara Pusat Pengelola Transportasi Darat Wilayah IV Provinsi Riau Yuki Chandra mengatakan, total pergerakan penumpang di terminal tersebut dua hari belakangan sekitar 10 ribu per hari.

"Kami prediksi hari Sabtu dan Minggu puncaknya. Karena tanggal 29 kan mulai memasuki cuti bersama sehingga kemungkinan ada lonjakan penumpang," kata Yuki Chandra, Rabu (27/4/2022).

Keberangkatan terbanyak di terminal itu yakni tujuan Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Jawa karena banyak warga Pekanbaru berasal dari tiga daerah itu.

Menurut Yuki, pergerakan penumpang di terminal BRPS menurun jika dibandingkan tahun 2019 atau sebelum pandemi Covid-19, yakni mencapai angka 11 ribu penumpang pada H-7.

"Saat ini untuk seat yang tersedia belum terisi semua. Artinya, penggunaan bus belum signifikan," ujarnya.

Dia merincikan, kursi tersedia untuk angkutan antar-kota antar-provinsi (AKAP) sebanyak 13.827. Sementara yang terisi baru 4.777. Pada H-6 ada penambahan signifikan 258 unit bus dengan total 15.984 tempat duduk keberangkatan dan kedatangan. Dari jumlah itu yang terisi 5.792. kursi.

"Jadi masih 30 persen kapasitas tersedia yang terisi. Kursi lebih dari cukup," ujarnya.

Kendati demikian, kata dia, pengelola terminal BRPS dan perusahaan otobus telah menyiapkan bus cadangan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat puncak arus mudik.






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar