Sentra Abiseka Pekanbaru Salurkan Ratusan Juta Atensi ke Kabupaten Meranti

Sentra Abiseka Pekanbaru sebagai UPT Kementerian Sosial (Kemensos) RI menyerahkan Atensi ke Kabupaten Meranti. (Iniriau)

INDOVIZKA.COM – Ratusan juta bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) disalurkan oleh Sentra Abiseka Pekanbaru sebagai UPT Kementerian Sosial (Kemensos) RI di Provinsi Riau ke Kabupaten Kepulauan Meranti, Rabu (8/3/2023).

Adapun bantuan yang disalurkan berupa sembako 64 paket, nutrisi 98 paket, family kit 86 paket, kasur 18 unit, perlengkapan sekolah 5 paket, mainan anak edukatif 3 unit, alat kesehatan 28 unit, biaya transportasi 1 orang, biaya terapi spech delay, 1 unit stoller, 1 unit standhold handphone laptop, obat pereda nyeri, sepeda anak 1 unit, sepeda dewasa 1 unit, sepeda motor roda 3, 1 unit dan paket kewirausahaan 6 unit. Total anggaran keseluruhan bantuan yakni Rp227.619.000.

Koordinator Sentra Abiseka Wilayah Kerja Kabupaten Kepulauan Meranti, Febri Hartanto mengatakan kegiatan penyaluran bantuan Atensi di Kepulauan Meranti dilaksanakan beberapa hari dengan titik penyaluran berada di Kantor Dinas Sosial, Dan Pemberdayaan Perempuan, Dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AP2KB).

Bantuan Atensi ini merupakan program dan kegiatan dari Kementerian Sosial RI khususnya Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial. Dimana program tersebut menggunakan pendekatan berbasis keluarga, komunitas atau residensial melalui kegiatan dukungan pemenuhan kebutuhan hidup layak, pembinaan kewirausahaan, terapi mental spiritual, bantuan sosial serta dukungan aksesibilitas," ujarnya.

Dijelaskannya bahwa, bantuan tersebut merupakan amanah untuk membantu kelompok rentan agar bisa berfungsi sosial secara normal dalam menjalani kehidupannya sehari-hari.

"Mewakili Kepala Sentra Abiseka Pak Agus Hasyim Ibrahim di Pekanbaru, kami melaksanakan arahan ibu Menteri Sosial Tri Rismaharini untuk segera menuntaskan penyaluran bantuan Atensi di wilayah kerja Sentra Abiseka," ujar Febri lagi.

Dibeberkannya, sebelum diberikan bantuan, tim telah melakukan assesmentkomprehensif untuk mengetahui secara langsung kebutuhan calon penerima manfaat dengan tujuan bantuan yang disalurkan tepat sesuai dengan kebutuhan. Selain itu pendataannya dilakukan satu tahun sebelum dilakukan penyaluran.

Mereka yang diberikan bantuan dalam bentuk barang dan komponen sebelumnya dilakukan assesment komprehensif, dari hasil tersebut didapatkan 101 penerima pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS) yang terdata untuk layak mendapatkan bantuan Atensi ini," kata Febri.

Ditambahkan, penyaluran bantuan dilaksanakan secara langsung dengan mendatangi rumah penerima manfaat maupun disalurkan di lokasi terdekat dengan mendatangkan langsung penerima manfaat. Hal tersebut dilakukan agar bantuan yang diberikan tepat sasaran. "Bantuan yang kita salurkan itu diberikan langsung kepada Penerima Manfaat (PM). Hal itu dilakukan karena kita inginkan data yang komplit dan tepat sasaran serta sesuai dengan kebutuhan," tuturnya.

Ditambahkan lagi, bantuan yang diberikan di setiap kabupaten pertahunnya sebanyak dua kali. Namun jika ada kebutuhan yang bersifat insidensial bisa disalurkan hingga tiga kali. "Di setiap kabupaten, bantuan Atensi ini kami salurkan sebanyak dua kali dalam setahun dengan target penerimanya sebanyak 100 KPM. Namun jika ada kasus yang bersifat insidensial, maka bisa mencapai tiga kali.

Ia berharap bantuan tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat yang menerimanya. Pasalnya bantuan atensi ini hanya diberikan sekali dan tidak untuk keberlanjutan. "Semoga bantuan dari kemensos RI oleh Sentra Abiseka di Pekanbaru ini bermanfaat," harapnya. ***






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar