Pemko Dumai Akan Gelar Kembali Festival Lampu Colok

Kadisdikbud Kota Dumai, Yusmanidar (foto/int)

INDOVIZKA.COM - Pemerintah Kota (Pemko) Dumai melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tahun ini kembali menyelenggarakan kegiatan festival Lampu Colok. Festival ini memeriahkan malam ke-27 Ramadan 1444 H/2023 M.

Pendaftaran Festival Lampu Colok secara resmi sudah dibuka sampai H-7 Idulfitri. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbid) Kota Dumai, Yusmanidar ingin bulan suci Ramadan tahun ini semarak, seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Untuk pendaftaran silahkan langsung datang ke Kantor Disdikbud Kota Dumai Bidang Kebudayaan yang di Jalan Tanjung Jati samping RSUD Kota Dumai. Pendaftaran Festival Lampu Colok ini gratis tanpa dipungut biaya apapun," katanya, Selasa (28/3/2023).

Festival lampu colok merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan Pemko Dumai melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, sempena malam ke-27 Ramadan.

Selain untuk memeriahkan malam 27 Ramadan, festival ini dilaksanakan untuk melestarikan budaya melayu. Serta membina pemuda agar menjadi generasi pemuda yang kreatif juga menguatkan silaturahmi pemerintah dengan masyarakat.

Festival lampu colok sebagai salah satu kearifan lokal yang harus dilestarikan. Karena selain merupakan tradisi masyarakat yang dapat dijadikan sebagai salah satu bentuk syiar Islam. Kegiatan ini juga diharapkan mampu menarik wisatawan.

"Untuk itu saya berharap kegiatan ini mendapat dukungan dari semua pihak untuk melestarikan budaya melayu," harapnya.

Melalui festival ini, juga diharapkan mampu mempererat semangat persaudaraan, kekompakan, kepedulian, serta gotong royong di kalangan masyarakat.

Penilaian akan dilakukan tim independen, keputusan dewan juri tidak bisa diganggu gugat. Hasil penilaian lomba lampu colok akan diumumkan setelah kegiatan selesai. Pemenang akan mendapatkan hadiah uang tunai.

Kriteria penilaian meliputi, kesan dan pesan yang disampaikan bernuansa Islami, keindahan, kerapian, kreatifitas, dan kebersihan.

 






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar