Kloter Pertama Keberangkatan Haji Indonesia Mulai 24 Mei

Ilustrasi. (Net)

INDOVIZKA.COM - Direktur Bina Haji Ditjen Penyelenggaraan Haji Kemenag, Arsad Hidayat mengungkapkan, pihaknya sedang melakukan finalisasi kontrak-kontrak hotel untuk jemaah haji Indonesia.

Kloter pertama yang akan mendarat di Bandara Madinah, akan diberangkatkan dari Indonesia mulai 24 Mei 2023.

"Sampai saat ini sudah mulai banyak kontrak yang sudah disiapkan. (Persiapan) saya kira di atas 90 persen. Kita kan tinggal menunggu beberapa (hotel), " kata Arsad di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Sabtu (15/4/2023).

Arsad menegaskan, tidak ada masalah berarti dalam negosiasi kontrak akomodasi untuk jemaah haji Indonesia. Meski, dia mengakui, ada upaya dari pihak pengusaha untuk menaikkan harga. Kemenag sendiri tetap berpatokan harga pada anggaran yang sudah diputuskan pemerintah dan DPR. Sebagai antisipasi, tim Kemenag menyiapkan alternatif hotel cadangan jika negosiasi gagal.

"Sehingga kalau itu betul terjadi pun, kita langsung ambil alih hotel yang lain. Jadi kita enggak boleh kalah. Kita yang punya uang, punya gawe gitu ya. Dan kita sampaikan kita pengirim jemaah terbanyak," ujarnya.

Untuk menyambut kedatangan kloter pertama jemaah haji Indonesia di Madinah, Kemenag akan mengirim ratusan petugas haji dan tim pendahulu yang akan memastikan semua akomodasi sudah siap.

Petugas yg tergabung dalam Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2023 itu akan mengecek kesiapan hotel dan fasilitas pendukungnya, kemudian transportasi dari bandara ke hotel.

"Dan kita harus pastikan betul bahwa seluruh penyedia layanan itu siap dalam memberikan layanan kepada jemaah," kata Arsad.

Untuk pelunasan kontrak, tim Kemenag membaginya dalam tiga kali tahapan pembayaran. Uang muka 50 persen diserahkan ketika kontrak disepakati. 30 Persen dibayarkan pada tahap kedua. Sisanya 20 persen dibayarkan saat jemaah haji telah keluar dari hotel.

Sebanyak 221.000 jemaah Indonesia, termasuk petugas, akan memenuhi Tanah Suci di musim haji 2023. Jemaah gelombang pertama akan diberangkatkan ke Madinah mulai 24 Mei 2023.

Gelombang kedua akan diterbangkan ke Mekkah mulai 2 Juni. Puncak haji akan berlangsung pada 27 Juni saat 2,5 juta jemaah dari seluruh dunia berkumpul di padang Arafah untuk melaksanakan wukuf.






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar