Tidak Seperti Biasa, Salat Id di Masjid An Nur Terapkan Protokol Kesehatan

Suasana pelaksanaan Salat Id di Masjid Raya An-Nur Provinsi Riau di Pekanbaru, Jumat (31/7/2020). Foto: Riaupos

PEKANBARU - Pelaksaaan Salat Idul Adha 1441 Hijriah di Masjid Raya An-Nur dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yakni menjaga jarak, Jumat (31/7/2020). 

Alhasil, daya tampung masjid yang biasa bisa menampung hingga 3000-an jamaah, hanya bisa menampung sekitar 500-an jamaah.

Akibatnya, jamaah ada yang melaksanakan Salat Id di teras serta halaman depan masjid. Sebelum memasuki halaman masjid, para jamaah terlebih dahulu harus dicek suhu tubuh serta diwajibkan menggunakan masker.

Terkait hal tersebut, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar yang juga ikut melaksanakan Salat Id di Masjid Raya An-Nur meminta maaf kepada jamaah karena pelaksaaan Saat Id tidak bisa dilakukan seperti biasa. Hal tersebut dilakukan karena saat ini masih terjadi pandemi Covid-19 di Riau.

"Kami mohon maaf kegiatan Salat Id tidak bisa bisa dilakukan seperti biasanya, karena kondisi Covid-19. Ini dilakukan untuk menjaga kesehatan masyarakat," katanya dikutip dari riaupos.

lebih lanjut dikatakannya, saat ini tidak ada satupun darah di Riau zona hijau, untuk itu protokol kesehatan harus tetap dijalankan, salah satunya saat menjalankan ibadah.

"Salah satu protokol kesehatan yang harus kita terapkan yakni dengan menggunakan masker. Kami juga mengajak masyarakat untuk mari bersama-sama mohon ampun kepada Allah SWT, dan berdoa agar musibah Covid-19 ini segera berakhir, khususnya di bumi Riau dan umumnya di Indonesia," ajaknya. (*)

 

 






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar