Kabid P2PM Dinkes Inhil Instruksikan Kenali Gejala Hepatitis

Ilustrasi hepatitis. (Net)

INDOVIZKA.COM - Memperingati Bulan Kesadaran Hepatitis yang jatuh setiap bulan Mei, Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Dinkes Inhil) mengintruksikan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir untuk mengenal lebih jauh tentang penyakit hepatitis.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Dinkes Inhil), Rahmi Indrasuri S. KM, M. Kl,. melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Devi Natalia, SKM, MH menjelaskan bahwa hepatitis merupakan peradangan hati yg disebabkan oleh virus. Virus Hepatitis ada 5 jenis yaitu A, B, C, D dan E.

"Hepatitis merupakan peradangan hati, penggunaaan alkohol yang berlebihan, racun beberapa obat, serta infeksi virus jg bakteri yang dapat menimbulkan hepatitis. Umumnya jenis hepatitis ada hepatitis A, B, C, D dan E," ucapnya.

Ia menyebut virus hepatitis bisa menular dengan berbagai cara, Penularan Hepatitis A dapat melalui fecal oral, hepatitis B dan C ditularkan melalui darah atau produk darah, Hepatitis D hanya terjadi sebagai rekan-infeksi dari virus hepatitis B dan Hepatitis E penyebarannya melalui makanan dan minuman yang telah terkontaminasi virus hepatitis E.

"Untuk itu, Bulan kesadaran hepatitis yang ditetapkan pada bulan Mei ini dijadikan sebagai momen untuk meningkatkan dan menyebarkan kesadaran tentang hepatitis. Mempromosikan pentingnya vaksinasi hepatitis dan bagaimana pengobatan, dan apa konsekuensi jika menderita hepatitis tidak ditangani," sebut Devi.

Dengan adanya bulan kesadaran hepatitis ini, Dinkes Inhil mengajak masyarakat untuk lebih menyadari bagaimana gejala yang dialami bagi penderita hepatitis.

"Ciri-ciri orang yang menderita sakit hepatitis adalah demam, rasa letih, hilang nafsu makan, rasa mual, sakit perut, air seni berwarna tua, warna kekuningan pada mata dan kulit. Untuk itu mari menyadari gejala hepatitis dan segera lakukan pemeriksaan jika ada menderita gejala hepatitis dari kita menyadarkan bagaiman pengobatannya," imbuhnya.

Adapun pencegahan penyakit hepatitis yaitu dengan menjaga kebersihan terhadap diri pribadi dan lingkungan sekitar tempat tinggal, selalu menjaga kebersihan dengan mengawali langkah yang mudah salah satunya dengan cara membiasakan diri untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh sesuatu.

"Hepatitis juga dapat dicegah dengan melakukan vaksin. Pemberian vaksin ini dapat dilakukan di Puskesmas terdekat," pungkasnya.






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar