Cara Membuat Daging Kurban Lembut dan Empuk

Ilustrasi

INDOVIZKA.COM - Umat Islam merayakan Hari Raya Idul Adha dengan berkurban. Pada hari ini, hewan kurban disembelih dan dibagikan. Daging kurban dapat diolah menjadi berbagai makanan. Terdapat sejumlah cara yang bisa dilakukan agar daging kurban lembut dan empuk.

Daging yang lembut dan empuk adalah daging yang mudah digigit dan dikunyah. Tekstur daging yang lembut dan empuk umumnya akan memberikan rasa yang lebih menggugah selera.

Kunci untuk mendapatkan daging yang lembut dan empuk terdapat pada persiapan dan proses memasak.

Berikut cara memasak daging kurban agar lembut dan empuk.

1. Menggunakan alat pelembut daging

Cara mudah membuat daging lembut dan empuk adalah dengan menggunakan alat pelembut daging.

Alat pelembut daging berbentuk seperti palu terbuat dari alumunium atau kayu yang digunakan dengan cara dipukul-pukulkan pada daging. Jika tak memiliki alat pelembut daging, benda keras lainnya juga dapat digunakan seperti gelas atau wajan.

Pukulkan alat pelembut hingga daging tipis sesuai selera. Dikutip dari PBS, cara ini dapat memecah jaringan ikat dalam daging sehingga daging menjadi lebih lembut.

2. Merendam daging

Agar daging empuk dan lembut, rendam daging dalam campuran air dan baking soda sebelum dimasak. Rendam daging dalam air yang sudah dicampur dengan sekitar satu sendok teh baking soda selama 15 menit. Lalu keringkan daging sebelum digoreng atau dipanggang.

Baking soda disebut dapat mengubah pH permukaan daging sehingga menjadi lebih lembut.

3. Melumuri dengan garam

Melumuri daging dengan garam juga dapat membuat daging lembut. Daging menghilangkan kelembapan. Gunakan 1/2 hingga satu sendok teh garam untuk setiap sisi daging, biarkan hingga satu jam. Setelah itu, bilas sisa garam dan keringkan daging.

Cara ini dapat membuat daging empuk dan beraroma serta memiliki rasa yang gurih.

4. Merendam daging dengan susu

Selain dengan air, merendam daging dengan susu atau yogurt juga membuat daging lembut dan empuk. Rendam daging ke dalam susu dan berikan sejumlah bumbu seperti garam, merica, dan bawang putih agar semakin bercita rasa.

5. Memasak pelan

Masaklah daging yang kaya kolagen, seperti brisket dengan cara yang pelan dan api kecil. Api kecil dalam jangka waktu yang lama dapat memecah kolagen sehingga menghasilkan daging yang empuk dan lebih berair atau dikenal dengan juicy.

Memasak pelan juga bisa dilakukan di panggangan atau oven. The Kitchn merekomendasi setiap 0,45 kg daging dimasak selama satu jam pada suhu 120 derajat Celcius.






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar