Antisipasi Regulasi Dadakan, Pemko Pekanbaru Masih Berbenah untuk Belajar Tatap Muka di Sekolah

Walikota Pekanbaru Firdaus

PEKANBARU (INDOVIZKA) - Antisipasi regulasi dadakan, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru masih menyiapkan dan berbenah untuk pertemuan tatap muka di sekolah pada tahun depan.

Walikota Pekanbaru Dr Firdaus MT mengatakan, Pemerintah Kota (Pemko) masih menunggu surat dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) sebagai dasar memulai proses sekolah tatap muka.

"Surat sebagai dasar penyelenggaraan itu, yaitu surat dari Menteri Pendidikan dan Mendagri, sampai saat ini kita daerah belum menerima. Itu yang menjadi dasar dan pegangan kita dalam penyelenggaraan sekolah tatap muka," kata Walikota, Kamis (17/12/2020).

Penyelenggaraan sekolah tatap muka baru dapat dilaksanakan jika surat itu sudah diterima Pemko Pekanbaru. Ia mengakui, untuk pemberitahuan awal Pemko Pekanbaru hanya menerima bahwa sekolah tatap muka mulai berlangsung pada awal tahun depan secara lisan.

"Tapi kita tetap mempersiapkan diri jika surat itu keluar menyusul nanti. Biasanya surat itu secara mendadak keluarnya. Sekali lagi kita tetap mempersiapkan diri bila memang itu sudah menjadi ketetapan dan keputusan untuk dilaksanakan," jelasnya.

Pihaknya juga tengah melakukan pemetaan penyebaran kasus Covid-19. Karena Kota Pekanbaru saat ini masih berada pada zona orange. "Satu kecamatan masi zona merah, dan beberapa kecamatan pada zona orange. Kita berupaya menurunkan jumlah kasus," jelasnya.

Ia meminta Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru memastikan kesiapan pihak sekolah jelang proses sekolah tatap muka berlangsung. Pihak sekolah harus menyiapkan fasilitas protokol kesehatan.

Selama proses sekolah tatap muka berlangsung, nantinya pihak sekolah harus memastikan protokol kesehatan juga tetap dijalankan. "Rencana kita juga melakukan rapid tes kepada peserta didik sebelum sekolah tatap muka berlangsung. Kita juga persiapkan pengadaan alat rapidnya," jelasnya.






Tulis Komentar